Kepercayaan Aneh dengan Segudang Ritual Menyesatkan

Kepercayaan dalam sebuah agama di Indonesia diyakini ada 6, namun nyatanya menyebar menjadi kepercayaan yang beraliran sesat atau disebut dengan sekte sampai dengan ritual-ritual aneh yang ada di dalamnya. Ya memang dalam hal ini sudah tidak bisa dibantahkan lagi, jika semakin berkembangnya dunia maka makin banyak juga aliran kepercayaan yang mungkin sangat aneh bagi sebagian besar kalangan di dunia. Selain banyaknya keanehan, nyatanya unsur mistis ini dan juga ritual yang menyeramkan bisa membuat sebuah kepercayaan tersebut masih sangat sulit untuk bisa diterima menggunakan akan sehat. 

Namun dalam hal ini kalian juga jangan salah, sebab dari keanehan dan keunikan serta mistis dan menyeramkan itulah yang menjadi, sebuah daya tarik tersendiri bagi aliran sesat terus saja  berkembang di dunia ini. Bahkan terkadang, ada yang dipertontonkan di depan umum sebagai salah satu destinasi liburan, padahal itu semua menjadi ritual murni dari sekte-sekte tersebut. 

Mengapa saya katakan ini bisa dijadikan sebagai ajang hiburan ? sebab, semua ritual aneh nan mistis dari kepercayaan yang ada di dunia ini seakan-akan dijadikan sebuah festival yang diperbolehkan untuk ditonton oleh kebanyakan orang disekitarnya. Namun kalian jangan berpikiran jika festival ini masuk layaknya : Halloween, lalu Natal, ada juga Hanukkah serta Idul Fitri dan Idul Adha. Justru, ini menjadi sebuah festival aneh dengan berlandaskan pada ritual super duper aneh. Untuk itu, cek langsung festival dengan ritual apa saja yang saya maksudkan disini ?!

Festival dengan Ritual Aneh Menurut Kepercayaan Agama di Dunia 

Saya ingatkan sekali lagi untuk kalian semua, bahwa ini bukan termasuk kedalam Festival Diwali, Festival Cahaya, lalu perayaan dari 5 hari Agama Hindu yang mana biasanya mengenang Dewi Laksmi. Atau festival Musim Semi yang ada di Tiongkok dan biasanya disebut dengan Tahun Baru Tiongkok atau Waisak. Akan tetapi, ini menjadi perayaan yang benar-benar aneh sekali di mata para pembacanya. Berikut ini rangkuman yang bisa kami berikan dari referensi situs pojoksatu.id atas Kepercayaan Aneh dengan Segudang Ritual Menyesatkan. 

1.1 Ritual pada Festival Krampus 

Klagenfurt, Jerman – festival ini juga bisa dikatakan menjadi festival anti terhadap Santa Claus. Disini Krampus sendiri memang bertolak belakang dengan Santa Claus. Pasalnya, sosok Santa yang biasa kalian lihat memiliki wajah periang , lalu senyumnya yang selalu ceria menyapa anak-anak di kota, berpakaian berwarna merah terang dengan memegang karung yang diisi oleh berbagai macam hadiah bagi anak-anak di sepanjang kota. 

Namun untuk krampus ? itu semua tidak ada di dalam kamus mereka ! disini Krampus menggambarkan sosok kebalikannya yang selalu saja marah, lalu bertanduk, dengan memiliki kuku yang sudah terbelah, lalu ada tambahan gigi tajam yang didukung dengan cakar pada jari jemarinya. Krampus ini akan menyeret rantai bukan karung di belakang tubuh mereka. Ada sih memang karung, tapi entah mengapa harus disimbolkan semuanya berwarna Hitam yang memang dirinya gunakan hanya untuk menyimpan anak-anak nakal sebelum benar-benar pergi membawa mereka ke neraka dan memakannya. 

Kebetulan sekali salah satu festival dari Krampus ini diadakan di Jerman, yakni di kota kecil bernama Klagenfurt yang letaknya ada di lembah pegunungan dan ini lebih dari 1000 krampi berbaris dengan melewati Kota dan untuk parade pada pesta St. Nicholas diadakan setiap tanggal 6 Desember. 

2.2 Ritual pada Festival Iblis yang Melompati Bayi 

Burgos, Spanyol – terdapat persaudaraan dari Santisimo Sacramento de Minerva yang mana masih menggelar langsung serangkaian dari perayaan selama Seminggu yang mana puncaknya sendiri disebut dengan Colacho. Jadi, The Colacho ini sendiri adalah sebuah cara dimana untuk merayakan hari raya seperti Corpus Christi. Dan di dalam El Salto del Colacho terdapat pria yang akan berpakaian langsung seperti Iblis dalam setelan berwarna Merah maupun Kuning. Disini dirinya juga kemudian melompati langsung bayi-bayi yang notabennya beneran atau asli itu bayi di lompati dan memang bayi ini9 yang sudah lahir dalam satu tahun terakhir. 

Festival dari ritual kepercayaan aneh ini akan berlangsung dengan si Bayi berbaring langsung di kasur selama iblis ini melakukan adegan melompat. Mungkin dalam hal ini menurut kepercayaan mereka, bayi akan terhindar dari marabahaya ( mungkin aja ini mah yah menurut saya, enggak tahu deh menurut yang lain sependapat atau tidak ). Dan saat ingin melompat, si Iblis ini memegang cambuk serta alat musik bermain di saat sedang melompati si bayi. 

Dalam festival ini memang diyakini bahwa itu semua akan melindungi si bayi dari penyakit serta tindakan kejahatan lainnya ( kan bener, tapi kepikiran kalau pas lompat tidak bisa melampaui si bayi, akhirnya akan tragis seperti apa ? ya ampun amit-amit deh saya ikut aliran kayak gini ! cukup agama yang jelas saja ). Dalam hal ini sudah pasti akan jauh berbeda dengan baptis yang biasa dilakukan di Gereja katolik yang menyatakan bahwa hanya baptis yang bisa membersihkan kejahatan dan membasuh dosa yang ada. 

 

3.3 Ritual pada Festival Misa Hitam 

Mercado De Sonora - Pasar Para Penyihir

Lake Catemaco , meksiko – jadi kota ini memang sudah dianggap sebagai kotanya Penyihir. Pada setiap Jum’at pertama yang ada di bulan Maret, kota ini akan selalu memperingati adanya festival dari sebuah ritual penyelenggaraan dari Kongres Penyihir Internasional. Untuk saat ini sih acaranya jauh lebih dikenal dengan Misa Hitam dan berlangsung di dekat mulut Goa. diyakini nantinya, iblis bisa benar-benar hadir di tempat tersebut. Bermain di goa bawah tanah, bahkan terdapat sebuah patung yang berdiri tegak dengan bentuk layaknya devil sangat besar. Para anggota yang ada atau yang hadir pada ritual festival aneh ini akan melakukan sebuah sumpah dan jiwa Mereka ini diserahkan untuk Dark prince yakni seorang pangeran Kegelapan. 

Nah dalam beberapa tahun terakhir, festival ini malah dijadikan sebagai tujuan wisata yang potensial. Turis kebanyakan yang penasaran dengan adanya Ilmu Hitam dan sudah banyak dipraktekan disana. Jadi selama upacara Iblis ini dimulai, nyatanya mereka semua adalah penduduk asli dari Amerika Olmecs. Beberapa imam ( kita sebut pemimpin aja ya, jauh lebih pantas daripada imam ) dari dunia Satanic yang ada di seluruh Meksiko hadir hanya untuk menyulap kekuatan gelap ini melalui pengorbanan dari hewan, lalu api dengan nyanyian-nyanyian serta asap. Ritual akan benar-benar dimulai ketika gadis yang dinyatakan benar-benar perawan berjalan dan menyalakan lilin. 

 

4.4 Ritual pada Festival Diablada de Pillaro 

La diablada de Píllaro 2020, a traditional festival of Ecuador | Ecuador  Travel Guide | Go Ecuador | Hotels, Tours in Ecuador

Ambato, Ecuador – ternyata negara yang terkenal dengan kekayaan buah Pisangnya ini masih ada yang menganut aliran dari Diablada de Pillaro. Dikatakan adanya United nation Educational, Scientific and Cultural Organization mengakui adanya keberadaan dari festival tersebut sebagai salah satu kebudayaan yang sangat penting lho di dunia ? lah kok isoh ( bisa ) ? … 

Jadi selama festival , ada warga kota yang berdandan dengan kostum-kostum yang begitu rumit. Terdapat warna emas, hitam serta kuning yang mendominasi pada topengnya yang bertanduk. Beberapa topeng ini menggunakan adanya bantuan gigi dan juga kulit hewan yang asli. 

Jadi konon katanya, adanya cerita pada festival ini dulunya masyarakat adat berpakaian layaknya setan yang digelar dalam rangka untuk mendorong sebuah pemberontakan melawan sang penjajah Spanyol. Beberapa tokoh setempat juga mengatakan bahwa berpartisipasi dalam festival yang satu ini hanya dikhususkan pada bulan maret dan bisa membawa sebuah keberuntungan nantinya. 

Namun masih ada juga yang menyebut bahwa jika kalian sendiri ikut serta berdandan layaknya setan selama festival ini dimulai, maka kalian harus ikut melakukannya selama 7 tahun atau ada hal-hal aneh lainnya dan nasib buruk menimpa kalian di kemudian hari. Kan serem bro…