Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasannya agama di dunia sangat beragam dan bermacam-macam sejarah dari adanya agama tersebut. Yang sering diketahui adanya kehadiran dari agama IKKHBK ( Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan juga Konghucu ). Dimana inilah menjadi agama yang memang resmi sudah diakui keberadaannya di Indonesia sendiri. Namun, dari diakuinya agama tersebut bukan  berarti semuanya berasal dari Indonesia. Melainkan, datang dari negara lainnya yang memang terbawa langsung oleh adanya penjajah yang dulunya masuk sebagai pedagang saat sedang mendiami adanya tanah nusantara di sana. 

Kalau berbicara agama  asli dari Nusantara yang namanya cukup terpopuler dari dulu adalah Sunda Wiwitan, Kejawen dan beberapa agama lainnya lagi. Dari pengikut yang ada, juga tidaklah banyak seperti agama yang sudah diakui keberadaannya secara luas oleh dunia. Kalian bisa menemukan agama asli nusantara tersebut pada suku-suku asli pedalaman yang ada. 

Dari adanya sebuah catatan sejarah yang  harus kalian ketahui, adanya perbedaan pada keyakinan di negara Indonesia itu sendiri yang memang harus ditoleransi keberadaannya. Jika kalian ingin tahu adanya agama apa saja selain 6 agama yang sudah diakui oleh dunia ini ?… maka dari itu simak lebih lanjutnya pada artikel yang ada di bawah ini. Semuanya terlansir langsung oleh situs brilio.net dengan ilmupengetahuanumum.com.

AGAMA-AGAMA YANG ADA DI DUNIA 

1.1 Agama Hindu 

> Weda : kitab sucinya

>  ( Anoname ) tidak diketahui pembawanya. 

> Sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu kurang lebihnya. 

> Pura : Tempat untuk beribadahnya.

Nyepi, Saraswati, Pagerwesi : menjadi hari raya agamanya.

> penganut yang ada mencapai 1,69% ( tidak tahu kalau ada penambahan pengikut lagi setiap tahunnya ). 

Asal dari negara yang membawa agama ini ialah Pakistan yang tepatnya di Lembah Sungai Indus.. Kurang lebihnya sudah ada Sebelum Masehi. Maka dari itu, agama Hindu ini dikatakan menjadi agama tertua sampai detik ini. Agama Hindu sendiri bisa kalian ketahui tidak memiliki adanya pendiri tunggal atau juga teks tunggal. Agamanya sendiri sudah tergabung langsung pada beberapa tradisi dan juga kepercayaan kuno sejak zaman dulu. Masalah kitab suci tertuanya adalah “ Rig Veda “ dengan umur yang ada sekitar 3.500 tahun. Arkeolog sendiri sempat menemukan adanya motif dari benteng dan juga sapi. Kemudian, dari penemuan ini dijadikan sebagai bintang suci dalam pelajaran dari agama Hindu tadi. Ajaran dari agama Hindu sendiri telah dipraktekkan secara langsung oleh adanya jutaan umat yang ada di dunia. Paling utama sekali di India dan beberapa negara lainnya. Kalau di Indonesia agama Hindu sendiri adanya di daerah Bali. 

1.2 Agama Buddha 

> Tri Pitaka : adalah kita suci agamanya 

> Siddharta Gautama : menjadi nama pembawa dari agama Buddha ini sendiri. 

> Kehadirannya sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu. 

> Vihara sudah menjadi salah satu tempat ibadah agama Buddha sendiri. 

> Waisak, Asadha, Kathina menjadi hari raya agamanya tersebut. 

> kurang lebih penganutnya ada di angka 0,72% ( belum termasuk dalam per hari atau per tahunnya ). 

Asal dari negara pembawa agama ini sendiri ialah Nepal yang tepatnya di Subkontinen India.  Agama ini sedikit berbeda dari agama lainnya, yang mana ajaran pada agama Buddha sendiri langsung dilacak pada satu pendiri saja yang mana itu adalah seorang pangeran yang lahirnya di negara Nepal sejak 2.500 tahun lalu bernama Sidharta Gautama. Ajarannya memang saat awalan Sidharta Gautama ini hidup dengan kemewahan yang dimiliki oleh dirinya tersebut. Dari adanya kehidupan yang mewah inilah, dirinya melihat langsung adanya kehidupan dari masyarakat di luar  istana yang merasa kemiskinannya benar-benar ada. Dari saat itulah, Siddhartha Gautama mulai untuk memutuskan adanya mengesampingkan adanya hidup mewah sebagai seorang pangeran dan langsung pergi keluar istana. Selanjutnya, dirinya seperti merenung duduk di bawah pohon Bodhi atau pohon Kebangkitan dan pada sampai akhirnya mendapatkan sebuah pencerahan. Dari situlah, baru muncul menjadi Buddha. Dari keberadaan itulah, para penganut ajaran Buddha ini sendiri mempraktekan adanya sebuah ajaran damai dan juga langsung mencari adanya jalan pencerahan bagi diri mereka sendiri. 

1.3  Agama Shinto 

Dari namanya, negara ini sendiri berasalkan dari Jepang. Pada sebuah catatan sejarah sudah langsung menyebutkan adanya akar dari ajaran Shinto ini ada dari 700 sebelum masehi. Akan tetapi, keberadaannya sendiri berbeda dengan apa yang ada di catatan sejarahnya para Arkeolog. Menurut dari catatan Arkeolog sendiri ajaran Shinto ini sudah ada jauh sebelum tahun ( 700 sebelum masehi ) tersebut disebutkan. 

Dilihat dari garis besarnya, agama Shinto ini sendiri masihlah terkait erat dengan adanya ajaran dari Buddha. Ketika kepercayaan Buddha ini sendiri muncul, agama dan juga tradisi dari Shinto ini langsung mengadaptasi cukup banyak sekali elemen yang ada pada ajaran Buddha. Ajaran dari Shinto sudah resmi ditetapkan langsung sebagai agama dari Negara Jepang selama periode dalam kurun waktu 1868 sampai 1912. Shinto dan juga Buddha sendiri terkait erat dengan adanya masyarakat dan juga budaya Jepang. 

1.4 Agama Yudaisme / Yahudi 

Negara dari wilayah asal agama ini sendiri ialah Syam Selatan ( Israel Modern, Palestina dan juga Yordania ). Untuk masuk dalam urutan ke 2 ini sendiri Yudaisme atau Yahudi. Ini adalah agama tertua dari 3 agama Monoteistik Abraham / Ibrahim yang mana diantara 2 lainnya Kristen dan juga Islam. Untuk Yahudi sendiri secara resminya oleh Musa. walau menurut dari catatan sejarah bisa dengan mudah ditelusuri kembali ke Abraham yang memang sudah dianggap sebagai seorang nenek moyang dari orang Yahudi. 

Negara Yahudi sendiri memiliki banyak teks penting dan juga salah satunya adalah Taurat merupakan bagian dari adanya teks besar yang langsung dikenal Tanakh maupun Alkitab Ibrani. 

Kata Yahudi sendiri sudah tidak hanya menggambarkan adanya sebuah kepercayaan. Yahudi ini sendiri bisa didefinisikan langsung sebagai nama bagi sebuah etnisitas. Tokoh besar dari adanya agama Yahudi ini sendiri ialah Albert Einstein yang memang palinglah eksis , lalu pendiri Facebook yakni Mark Zuckerberg. 

1.5 Agama Zoroastrianisme 

Agama ini sendiri berasalkan dari negara Persia Kuno yakni Iran. Melalui adanya bukti Arkeologis dan juga ajaran dari Zoroastrianisme sudah diperkirakan ada dari 1.200 hingga 1.500 Sebelum Masehi. Walau begitu, agama yang satu ini secara resmi sudah didirikan pada abad ke 6 Sebelum Masehi dari Nabi dan juga Reformator – Zoroaster. 

Agama Zoroastrianisme ini menjadi salah satu agama yang paling kuat di dunia dan juga sudahlah resmi menjadi agama di negara Persia ( untuk saat ini Iran ) pada 600 Sebelum Masehi hingga 650 Sebelum Masehi. Zoroaster pada agama ini sendiri percaya dengan kehadiran 1 Tuhan saja yang langsung disebut dengan Ahura Mazda. Dari adanya penganut Zoroastrianisme ini sendiri tidaklah menyembah api Namun juga mereka sendiri percaya bahwasannya api ini sendiri mewakili cahaya ataupun kebijaksanaan Tuhan itu sendiri.

Itulah sedikitnya beberapa agama yang memang dari dulu di perkuat menjadi agama paling lama di dunia. Untuk mengetahui lebih lanjutnya mengenai keberagaman agama lainnya di dunia ini, maka kalian bisa lihat lebih jelasnya lagi di artikel selanjutnya. Terima Kasih 🙂