Benarkah Sekte Seks Bebas pernah ada di Indonesia ?!

Sebelum keberadaan dari Sekte Seks di Indonesia mulai menjamur, nyatanya sekte seks bebas ini sudah ada di luar negeri sana. Terdapat sebuah jurnal dari situs jurnaltoddoppuli memberitahukan adanya puluhan wanita melakukan aksi sambil tanpa memakai busana sedang berjalan di pusat kota New York untuk bisa menuntut adanya sebuah hak kebebasan dalam memiliki payudara tersebut. Kebanyakan diantara mereka semua adalah penganut dari Sekte Real yang suka menyembah alien. Bersama dengan rekan-rekan yang lainnya, mereka semua melakukan demo di kota-kota lainnya dengan membuat sebuah petisi hanya untuk mendesak pemerintah dari Amerika Serikat melegalkan telanjang dada bagi wanita di muka umum. Namun setahu saya, ada juga lo hari tanpa bra sedunia, kalau enggak salah ya diperingatinya setiap tanggal 13 Oktober. 

Sekte sesat ini kemudian bermunculan dan menjamur sangat luas di muka bumi. Ada yang resmi dibubarkan karena ketahuan, dan ada juga nih yang masih bandel pindah-pindah tempat hanya untuk menjalankan sekte seks bebas itu. Nah, salah satu ritual utama pada sekte ini adalah melakukan seks bebas oleh para pengikutnya tersebut. 

Seks bebas sendiri di klaim langsung oleh pemimpin sekte sebagai sebuah perwujudan kesetiaan, lalu ketundukan dan juga pastinya setia dengan Tuhan mereka. Tapi kalau dipikir-pikir, aliran ini semua memang berbeda justru bertentangan sekali dengan ajaran agama yang ada di muka bumi. Seks sudah kodrat manusia dari Tuhan yang Maha Esa, namun  tetap saja memakai cara-cara yang benar sesuai kitab yang ada. Berikut nini sekte mana saja yang mengandung seks bebas di dalamnya ? 

 

Sekte Ternama Asal Luar Bernama “ G O L D E N D A W N “ 

Jadi sekte pertama adalah Golden Dawn yang resmi ada sejak akhir tahun 1888’an. Awalnya sekte ini masih dikenal sebagai sebuah organisasi yang mengajarkan sebuah perkembangan ajaran dari metafisika serta melakukan adanya berbagai aktivitas paranormal lainnya. Pertama kali hadirnya Golden Dawn ini berada di Inggris Raya dan telah menjadi sebuah sekte dengan pengaruh paling besar di sana. 3 pendiri utama dari sekte ini bernama : William Robert Woodman, lalu ada William Wynn Westcott dan terakhir adalah Samuel liddell MacGregor Mathers yang mana penganut dari Freemason ( jadi, ini adalah sebuah ajaran menjadi seorang lelaki yang hebat, kuat, cerdas serta menjadi lelaki dengan daya pikat tersendiri ). 

Mereka semua memang memiliki cara dalam menularkan ilmu ke anggota barunya lewat sebuah hubungan seksual baik itu pada lelaki maupun pada perempuan. Hal ini memang sudah dilakukan oleh seluruh anggotanya tersebut dengan cara mereka juga melakukan perekrutan anggota baru dari pengadaan pertemuan akbar yang diakhiri oleh pesta seks ramai-ramai. Pada akhirnya, sekte ini harus bubar ( Alhamdulillah, mereka bubar gengs ) pada tahun 1970 silam. Akan tetapi, masih ada sebagian kecil yang mempraktekannya terutama sekali dalam ilmu-ilmu sihir yang diajarkan oleh Golden Dawn ini. 

 

Sekte Seks Bebas di Indonesia 1 

Sekte ini bernama titisan dari Syekh Malik yang kebetulan ada di Majalengka, pemimpinnya sendiri bernama Ben dan sudah mengaku sebagai seorang titisan dari Syekh Malik. Ajaran dari Ben yang secara islam ini dikatakan sesat karena tidak menganjurkan untuk melaksanakan sholat. Mereka hanya perlu melaksanakan sebuah ritual di masjid dnegan sebuah tiang yang dibalut oleh kain putih. 

Jadi dari kesaksian warga yang ada disana, Ben  memperbolehkan anggotanya yang sudah memiliki suami. Selain itu, Ben yang tinggal di kasokandel – Majalengka juga banyak melakukan ritual sesat yang dilakukan oleh dirinya dan tentu saja para pengikutnya juga melakukan ritual tersebut. Keberadaan Ben pada saat itu tidak berhasil dilacak oleh polisi dan Ketua MUI setempat. Jadi memang tidak ada yang tahu, kemana perginya Ben ini. 

 

Sekte Ternama Asal Luar Bernama “ Ordo T E M P L I Orientis  “ 

Selanjutnya datang dari luar negeri, dimana ini sekte dari pemuja setan sekaligus penganut dari ritual seks bebas. Dipimpinnya sekte ini oleh seorang warga yang berada di wilayah Wale negara Inggris bernama Colin Batley. Hal ini memang sudah diungkapkan langsung oleh salah satu korbannya yang bernama Annabelle Forest. Pada saat berusia 7 tahun, Annabelle ini diperkosa oleh Batley dan juga sudah melayani kurang lebihnya 1.800 demi bisa membiayai aliran sesatnya itu. Sekte ini setiap minggu malam juga sangat senang dalam menyelenggarakan adanya ritual pemerkosaan anak di bawah umur oleh setiap pengikutnya tersebut demi menunjukkan adanya bakti mereka kepada Tuhan. Coba kon pikir, Tuhan mana yang ngajarin kayak gitu ?…. 

 

Sekte Seks Bebas di Indonesia 2 

5 Sekte Aneh di Indonesia Ini Ajarkan Seks Bebas pada Anggotanya!

Lalu datang lagi sekte seks bebas yang berasal dari Indonesia bernama “ Satria Piningit Weteng Buwono “ … sekte ini sudah dianggap sesat serta melanggar adanya perintah dari ajaran agama Islam. Agus sendiri selaku imam Mahdi yang mengajarkan kepada semua pengikutnya ini untuk meninggalkan adanya ajaran Sholat, Puasa, serta menjalankan hubungan badan yakni seksual bersama pasangannya secara bersama-sama di dalam satu ruangan. 

Sebelumnya Agus sendiri sudah mendirikan pondok di Perumnas III, kawasan Bekasi Timur yang akhirnya diusir langsung oleh warga dan pindah ke daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Hal ini benar-benar dianggap sangat meresahkan dengan kehadirannya dari ajaran yang sangat amat menyimpang. Tidak dalam waktu yang lama, Agus sendiri sudah tiangkap oleh pihak kepolisian namun sempat melakukan perlawanan dengan melarikan diri. Dan pada akhirnya, Agus menyerahkan diri serta diadili dengan hukuman penjara selama 2 Tahun 6 bulan. 

 

Sekte Ternama Asal Luar Bernama “ Deferenderst of C H R I S   “ 

Tahu arti dari sekte yang satu ini ? jadi, sekte ini bisa dikatakan sebagai pembela dari Kristus yang mana justru menjadi sekte sesat yang ada di Meksiko dan berbatasan langsung dengan negara Amerika Serikat. Mereka semua melakukan sebuah perbudakan seks oleh para pengikutnya tersebut dan banyaknya sih merekrut perempuan di dalam sektenya itu. Pemimpin yang ada memang mengaku sebagai seorang Reinkarnasi dari Yesus kristus. Tugas utamanya selaku dari pengikut ajaran sesat ini adalah dengan melayani sebuah hasrat seksual dari sang pemimpin lalu melakukan sebuah kegiatan prostitusi demi bisa menjaring anggota baru lainnya. Sekte tersebut alhasil hancur karena telah dibubarkan oleh pihak kepolisian Meksiko dan juga pemimpinnya telah tertangkap tahun 2014 silam. 

 

Sekte Seks Bebas di Indonesia 3 

Nama dari sekte ini memang seperti nama dari sekte luar ya, yakni “ Children of G O D “ … dimana sektenya pernah berkeliaran di Jakarta dan Bandung serta dalam beberapa tahun terakhir masih aktif lho keberadaannya. Sekte ini sendiri selain aktif, kabarnya juga selalu pindah-pindah tempat lho. Sektenya berasal dari negara Amerika Serikat, dan telah berdiri lamanya sejak tahun 1968. Pendirinya sendiri adalah David Brag dan sudah diterapkan secara langsung di Indonesia. Sekte ini sendiri di negara asalnya yakni Amerika Serikat, juga mendapatkan pemboikotan dan sempat merubah nama dari Children of God -> Family of Loves. Ajaran ini amat sangat menyesatkan, karena memperbolehkan anggotanya untuk melakukan hubungan seks sebagai salah satu bentuk kasih terhadap Allah. Somplak betul dah orang-orang ini !

Kepercayaan Aneh dengan Segudang Ritual Menyesatkan

Kepercayaan dalam sebuah agama di Indonesia diyakini ada 6, namun nyatanya menyebar menjadi kepercayaan yang beraliran sesat atau disebut dengan sekte sampai dengan ritual-ritual aneh yang ada di dalamnya. Ya memang dalam hal ini sudah tidak bisa dibantahkan lagi, jika semakin berkembangnya dunia maka makin banyak juga aliran kepercayaan yang mungkin sangat aneh bagi sebagian besar kalangan di dunia. Selain banyaknya keanehan, nyatanya unsur mistis ini dan juga ritual yang menyeramkan bisa membuat sebuah kepercayaan tersebut masih sangat sulit untuk bisa diterima menggunakan akan sehat. 

Namun dalam hal ini kalian juga jangan salah, sebab dari keanehan dan keunikan serta mistis dan menyeramkan itulah yang menjadi, sebuah daya tarik tersendiri bagi aliran sesat terus saja  berkembang di dunia ini. Bahkan terkadang, ada yang dipertontonkan di depan umum sebagai salah satu destinasi liburan, padahal itu semua menjadi ritual murni dari sekte-sekte tersebut. 

Mengapa saya katakan ini bisa dijadikan sebagai ajang hiburan ? sebab, semua ritual aneh nan mistis dari kepercayaan yang ada di dunia ini seakan-akan dijadikan sebuah festival yang diperbolehkan untuk ditonton oleh kebanyakan orang disekitarnya. Namun kalian jangan berpikiran jika festival ini masuk layaknya : Halloween, lalu Natal, ada juga Hanukkah serta Idul Fitri dan Idul Adha. Justru, ini menjadi sebuah festival aneh dengan berlandaskan pada ritual super duper aneh. Untuk itu, cek langsung festival dengan ritual apa saja yang saya maksudkan disini ?!

Festival dengan Ritual Aneh Menurut Kepercayaan Agama di Dunia 

Saya ingatkan sekali lagi untuk kalian semua, bahwa ini bukan termasuk kedalam Festival Diwali, Festival Cahaya, lalu perayaan dari 5 hari Agama Hindu yang mana biasanya mengenang Dewi Laksmi. Atau festival Musim Semi yang ada di Tiongkok dan biasanya disebut dengan Tahun Baru Tiongkok atau Waisak. Akan tetapi, ini menjadi perayaan yang benar-benar aneh sekali di mata para pembacanya. Berikut ini rangkuman yang bisa kami berikan dari referensi situs pojoksatu.id atas Kepercayaan Aneh dengan Segudang Ritual Menyesatkan. 

1.1 Ritual pada Festival Krampus 

Klagenfurt, Jerman – festival ini juga bisa dikatakan menjadi festival anti terhadap Santa Claus. Disini Krampus sendiri memang bertolak belakang dengan Santa Claus. Pasalnya, sosok Santa yang biasa kalian lihat memiliki wajah periang , lalu senyumnya yang selalu ceria menyapa anak-anak di kota, berpakaian berwarna merah terang dengan memegang karung yang diisi oleh berbagai macam hadiah bagi anak-anak di sepanjang kota. 

Namun untuk krampus ? itu semua tidak ada di dalam kamus mereka ! disini Krampus menggambarkan sosok kebalikannya yang selalu saja marah, lalu bertanduk, dengan memiliki kuku yang sudah terbelah, lalu ada tambahan gigi tajam yang didukung dengan cakar pada jari jemarinya. Krampus ini akan menyeret rantai bukan karung di belakang tubuh mereka. Ada sih memang karung, tapi entah mengapa harus disimbolkan semuanya berwarna Hitam yang memang dirinya gunakan hanya untuk menyimpan anak-anak nakal sebelum benar-benar pergi membawa mereka ke neraka dan memakannya. 

Kebetulan sekali salah satu festival dari Krampus ini diadakan di Jerman, yakni di kota kecil bernama Klagenfurt yang letaknya ada di lembah pegunungan dan ini lebih dari 1000 krampi berbaris dengan melewati Kota dan untuk parade pada pesta St. Nicholas diadakan setiap tanggal 6 Desember. 

2.2 Ritual pada Festival Iblis yang Melompati Bayi 

Burgos, Spanyol – terdapat persaudaraan dari Santisimo Sacramento de Minerva yang mana masih menggelar langsung serangkaian dari perayaan selama Seminggu yang mana puncaknya sendiri disebut dengan Colacho. Jadi, The Colacho ini sendiri adalah sebuah cara dimana untuk merayakan hari raya seperti Corpus Christi. Dan di dalam El Salto del Colacho terdapat pria yang akan berpakaian langsung seperti Iblis dalam setelan berwarna Merah maupun Kuning. Disini dirinya juga kemudian melompati langsung bayi-bayi yang notabennya beneran atau asli itu bayi di lompati dan memang bayi ini9 yang sudah lahir dalam satu tahun terakhir. 

Festival dari ritual kepercayaan aneh ini akan berlangsung dengan si Bayi berbaring langsung di kasur selama iblis ini melakukan adegan melompat. Mungkin dalam hal ini menurut kepercayaan mereka, bayi akan terhindar dari marabahaya ( mungkin aja ini mah yah menurut saya, enggak tahu deh menurut yang lain sependapat atau tidak ). Dan saat ingin melompat, si Iblis ini memegang cambuk serta alat musik bermain di saat sedang melompati si bayi. 

Dalam festival ini memang diyakini bahwa itu semua akan melindungi si bayi dari penyakit serta tindakan kejahatan lainnya ( kan bener, tapi kepikiran kalau pas lompat tidak bisa melampaui si bayi, akhirnya akan tragis seperti apa ? ya ampun amit-amit deh saya ikut aliran kayak gini ! cukup agama yang jelas saja ). Dalam hal ini sudah pasti akan jauh berbeda dengan baptis yang biasa dilakukan di Gereja katolik yang menyatakan bahwa hanya baptis yang bisa membersihkan kejahatan dan membasuh dosa yang ada. 

 

3.3 Ritual pada Festival Misa Hitam 

Mercado De Sonora - Pasar Para Penyihir

Lake Catemaco , meksiko – jadi kota ini memang sudah dianggap sebagai kotanya Penyihir. Pada setiap Jum’at pertama yang ada di bulan Maret, kota ini akan selalu memperingati adanya festival dari sebuah ritual penyelenggaraan dari Kongres Penyihir Internasional. Untuk saat ini sih acaranya jauh lebih dikenal dengan Misa Hitam dan berlangsung di dekat mulut Goa. diyakini nantinya, iblis bisa benar-benar hadir di tempat tersebut. Bermain di goa bawah tanah, bahkan terdapat sebuah patung yang berdiri tegak dengan bentuk layaknya devil sangat besar. Para anggota yang ada atau yang hadir pada ritual festival aneh ini akan melakukan sebuah sumpah dan jiwa Mereka ini diserahkan untuk Dark prince yakni seorang pangeran Kegelapan. 

Nah dalam beberapa tahun terakhir, festival ini malah dijadikan sebagai tujuan wisata yang potensial. Turis kebanyakan yang penasaran dengan adanya Ilmu Hitam dan sudah banyak dipraktekan disana. Jadi selama upacara Iblis ini dimulai, nyatanya mereka semua adalah penduduk asli dari Amerika Olmecs. Beberapa imam ( kita sebut pemimpin aja ya, jauh lebih pantas daripada imam ) dari dunia Satanic yang ada di seluruh Meksiko hadir hanya untuk menyulap kekuatan gelap ini melalui pengorbanan dari hewan, lalu api dengan nyanyian-nyanyian serta asap. Ritual akan benar-benar dimulai ketika gadis yang dinyatakan benar-benar perawan berjalan dan menyalakan lilin. 

 

4.4 Ritual pada Festival Diablada de Pillaro 

La diablada de Píllaro 2020, a traditional festival of Ecuador | Ecuador  Travel Guide | Go Ecuador | Hotels, Tours in Ecuador

Ambato, Ecuador – ternyata negara yang terkenal dengan kekayaan buah Pisangnya ini masih ada yang menganut aliran dari Diablada de Pillaro. Dikatakan adanya United nation Educational, Scientific and Cultural Organization mengakui adanya keberadaan dari festival tersebut sebagai salah satu kebudayaan yang sangat penting lho di dunia ? lah kok isoh ( bisa ) ? … 

Jadi selama festival , ada warga kota yang berdandan dengan kostum-kostum yang begitu rumit. Terdapat warna emas, hitam serta kuning yang mendominasi pada topengnya yang bertanduk. Beberapa topeng ini menggunakan adanya bantuan gigi dan juga kulit hewan yang asli. 

Jadi konon katanya, adanya cerita pada festival ini dulunya masyarakat adat berpakaian layaknya setan yang digelar dalam rangka untuk mendorong sebuah pemberontakan melawan sang penjajah Spanyol. Beberapa tokoh setempat juga mengatakan bahwa berpartisipasi dalam festival yang satu ini hanya dikhususkan pada bulan maret dan bisa membawa sebuah keberuntungan nantinya. 

Namun masih ada juga yang menyebut bahwa jika kalian sendiri ikut serta berdandan layaknya setan selama festival ini dimulai, maka kalian harus ikut melakukannya selama 7 tahun atau ada hal-hal aneh lainnya dan nasib buruk menimpa kalian di kemudian hari. Kan serem bro…

Agama Baru dan Negara Tidak Bertuhan di Dunia

Terhitung sejak 500 tahun kebelakang, ada banyak sekali agama-agama baru yang mana muncul link sbobet dan juga berkembang dengan sangat pesat. Bahkan dari beberapa diantaranya sudah memiliki pemeluk sampai dengan jutaan di seluruh di dunia. Dan dari sekian banyaknya agama tersebut, adapun beberapa ajaran yang mungkin terkesan sangat aneh dan juga sangat unik sebagai bagian dari pemeluk agama yang Mayoritas pada umumnya ada. 

Selain itu kita semua tahu, Manusia lahir ke dunia berhak memeluk agama pilihannya masing-masing. Dan dilansir dari 99.co yang mendapatkan referensi dari theregister.co.uk ini ada lebih dari 4,300 agama yang sudah tercipta di dunia. Lalu data yang dikumpulkan akan menunjukkan bahwa agama dengan pengikut terbesar di dunia ini termasuk Kristen, Islam, Hindu dan juga Agama Budha dengan secara berurutan. Sisanya menjadi perkumpulan atau organisasi besar dengan pengikut setia yang mana membangun kepercayaan di sekitar pemimpinnya. Namun kalian tahu tidak ? dengan banyaknya jumlah agama dan juga dibantu dari beberapa negara untuk memilih tidak mempraktekkan ajaran agama tersebut ? inilah semuanya akan kami rangkum pada bacaan yang ada di bawah ini. 

 

Agama-Agama Aneh dan Unik di Dunia 

1.1 Agama SCIENTOLOGY 

Untuk agama ini sendiri sudah berkembang sejak tahun 1952 dan ini menjadi agama yang didirikan langsung oleh L.Ron Hubbard tahun 1911 sampai dengan 1986 dan merupakan seorang penulis fiksi Ilmiah. Agama ini sendiri sudah percaya bahwasannya Roh Manusia itu abadi dan akan selalu saja bereinkarnasi ketika meninggal dunia. Selain daripada itu, adanya ajaran yang menyebutkan bahwa manusia ini sesungguhnya adalah alien yang memang tertinggal di bumi Jutaan tahun lalu sehingga akan lupa dengan jati diri yang sebenarnya. Beberapa kalangan selebritis ternama seperti Tom Cruise, Gloria Swanson, Dave Brubeck, lalu Katie Holmes dan juga terakhir John Travolta. 

1.2 Agama Komunitas ONEDIA 

Yang mana ini adalah agama yang penganutnya sendiri percaya bahwa Yesus sudah kembali sejak tahun 70 masehi dan dibuat pada tahun 1848 oleh John Humphrey Noyes di Oneida yang berada langsung di New York. pemeluknya sendiri meyakini akan makna kebersamaan dengan pandangan yang cukuplah unik. Pasalnya,dari kebersamaan ini bisa meliputi harta sampai dengan perkawinan. Ritualnya sendiri dengan melakukan hubungan seksual dengan berbagai macam hal-hal yang ada demi mencapai puncak Spiritual yang memang mereka inginkan. 

1.3 Agama Jediisme 

Agama ini khususnya didirikan langsung oleh para penggemar dari film Star Wars yang sudah dibentuk sejak tahun 2011. Dan ditahun ini sudah sebanyak 176 ribu orang mendeklarasikan adanya agama baru bernama Jediisme yang mana mengajarkan pemeluknya untuk bisa mengenai karakter dasar pada film tersebut. Selain daripada itu nyatanya agama ini sendiri mendirikan gereja mereka sendiri sejak tahun 2008 dan juga kitab suci ini sendiri berisikan pada Autobiografi dari sang pemimpin yakni Daniel Jones. 

1.4 Aagama Nation of Yahweh 

Agamanya sudah ada sejak tahun 1979 oleh Hulon Mitchell Jr. yang langsung menamai dirinya dengan sebutan dari Yahweh bin Yahweh. Dari agama ini keluar persepsi masyarakat kulit hitam di Amerika menjadi penguasa asli dari bangsa Israel. Selain itu, Yahweh bin Yahweh masuk sebagai anak Tuhan menurut mereka semua. 

1.5 Agama Universe People 

Nama lainnya sendiri sebagai Cosmic People of Light Powers yang sudah dibesarkan langsung oleh Ivo A dan benda ini berasal langsung dari Ceko. walau ini sebagai suatu hal yang terdengar gila, nyatanya pengikut agama ini ada sekitar 12 ribu orang. Yang mana mengajarkan langsung pada sebuah hasil eksperimen Alien dengan makhluk Ekstraterestrial dan mengawasi adanya peradaban Manusia dengan mengorbit bumi. 

 

Negara yang Mengaku Tidak Bertuhan 

1.1 Negara Perancis 

Yap, negara pertama yang mengaku tidak memiliki tuhan adalah Perancis. Bagi kalian yang pernah datang langsung ke negara penyedia dari Menara Eiffel pasti akan sangat tahu, bahwa orang-orang atau warga di sana tidak menjunjung tinggi adanya ajaran agama. Bagi kebanyakan warga Perancis, agama bukan menjadi hal yang wajib sekali dianut dan melainkan menjadi sebuah praktek yang sudah mengekang langsung kebebasan yang mereka miliki. Awalnya memang diisi oleh mereka yang menganut agama Kristen Katolik. 

Namun lama kelamaan kepercayaan dari Liberalisme semakin menjalar dengan begitu saja di negara ini. Dari data sensus yang ada menyebutkan data sebesar 67% adalah penduduk disana yang tidak memiliki agama. Lalu untuk 27% dikhususkan bagi warganya yang masih memiliki kepercayaan dan kekuatan hidup. Sedang di 40% nya benar-benar yang tidak percaya agama itu hadir di dunia ini. 

1.2 Negara  Belanda 

Lanjut negara kedua adalah belanda. Dimana untuk negara ini sendiri menjadi negara Liberal terbesar yang ada di dunia dengan kebudayaan dan juga ras yang beragam sama seperti negara Indonesia. Namun, saking bebasnya negara ini sendiri sudah langsung melegalisasi Ganja, apapun pernikahan dengan kaum sesama jenis , melakukan suntik mati, sampai akhirnya masuk ke dunia prostitusi. 

Atas adanya liberalisme yang dianut oleh negara Belanda, alhasil semakin kesini jadi semakin banyak lagi rakyat dunia yang berpindah ke Negeri Tulip. Dan untuk Imigran yang mengaku Belanda bisa memiliki kebebasan yang tidak akan diberikan oleh pemerintah di negeri sebelumnya. Lalu menurut adanya riset 28% sudah warga negara yang ada di Belanda sana percaya dengan benar mengenai keberadaan Tuhan dan juga 39% lainnya percaya akan semacam dari kekuatan hidup di luar sana. 

1.3 Negara Slovenia 

Dimana ini menjadi negara mandiri yang langsung saja terletak di pesisir Sub Alpin yakni bagian Eropa Tengah tepatnya ada dibagian sebelah Itali Barat. Hal ini sama saja seperti negara Belanda dengan jumlah dari penduduk Slovenia ini menolak untuk mengikuti ajaran dari sebuah agama yang mana cukup banyak. Sekitar 25% menjadi sebuah presentasi yang ada agama diciptakan untuk membatasi dan untuk mengekang umatnya tersebut. Kepercayaan ini akhirnya menyebar semenjak tahun 80-an dan saat ini berkembang menjadi sebuah tren yang diikuti langsung dengan banyak pemuda dan juga pemudi Slovenia. 

1.4 Negara Inggris 

Pada artikel sebelumnya, negara ini sudah masuk kedalam negara dengan kota yang menganut aliran sesat. Lalu saat ini, Inggris masuk dalam kategori negara yang tidak percaya dengan adanya agama di dunia ini. Zaman dahulu, negeri dengan adanya sistem Pemerintahan Monarki dihuni langsung oleh para penganut agama kristen. Lalu kaum Nasrani yang tinggal di negara Inggris dulu banyak sekali, sehingga Inggris menjadikan ini sebagai pusat praktek Anglikan. 

Sama saja seperti negara Eropa lainnya, dimana inggris sendiri tidak akan lepas dari sebuah gerakan Liberalisme. Dan berkat atas kepercayaan bebas ini sedikit demi sedikit, warga negara Inggris bisa melepaskan kepercayaannya dan hanya saja menganut mengenai aliran liberal yang ada. Terhitung sudah persentase yang dikeluarkan sebesar 37% percaya akan adanya Tuhan dan 73% tidak percaya akan keberadaan dari Tuhan. 

1.5 Negara Ceko 

Perkembangan untuk negara ini memang cukup pesat. Menurut sejarah, agama yang muncul memang agama Kristen disana. Dibawanya agama ini melalui Para Pendatang dari Perancis melalui jalur darat dan kemudian bisa berkembang pesat dalam puluhan tahun kedepan. Jumlah dari penduduk Ceko yakni 64% yang tidak memeluk agama. Lalu 40% menjadi jumlah penduduk yang percaya akan keberadaan agama.

Artikel ini sudah terbit sebelumnya oleh siitus 99.co yang menjadi referensi utama kami untuk menuliskannya dan memberitahukan kembali ke kalian semua. 

Kota-Kota yang Percaya akan Aliran Sesat

Nyatanya di dunia ini bukan hanya 6 agama saja yang ada, namun masih ada agama lain yakni masuknya ke arah aliran ajaran sesat. Dimana bukan menyembah Tuhan, namun menyembah setan atau iblis sejenis Lucifer lah aliran yang satu ini. Biasanya si sama saja dengan para penganut dari ajaran Satanic. Kalian tahu bukan lambang dari aliran sesat in ? Satanic sendiri memiliki lambang seperti bintang namun , biasanya berbentuk lingkaran yang dibuat dari darah yang mengalir. Enggak habis pikir sih, bagaimana orang-orang percaya dengan keberadaan dari aliran tersebut dan menjadikan itu agama yang dianutnya. 

Dari kehadiran aliran ini, sudah pasti memiliki penganut bukan ? nah, setiap penganutnya itu tinggal di beberapa kota besar yang ada di dunia dan dengan bangganya masuk ke dalam aliran tersebut. Berbagai kota-kota besar ini dipercaya oleh kebanyakan orang bahwasannya penduduk disana sering sekali melakukan ritual yang mana berkaitan selalu dengan aliran sesat bahkan, mereka sudah berani membangun Gereja atau kastil mereka sendiri untuk menyembah Tuhan mereka yang berasal dari Iblis sana. 

Sebagai informasi saja, disini kami berikan beberapa kota-kota besar yang ada di dunia yang dipercayai banyak sekali menganut aliran sesat. Kira-kira adakah kota impian kalian yang masuk ke dalam golongan aliran sesat ini ? mari cek semuanya dari awal hingga akhir bacaan artikel tersebut. 

 

Kota Amityville di New York Amerika Serikat 

Untuk yang pertama datang dari Negara Amerika Serikat. Lokasinya sendiri ada di Long Island – New York. dimana, ini menjadi kota kecil yang sudah langsung menarik perhatian banyak orang di dunia. Dan bagi kalian yang sudah pernah menonton film kerasukan roh halus yang jahat banget dengan judul The Amityville Horror yang kalian kira itu hanyalah rekayasa saja. Akan tetapi ini semua yang ada di dalam filmnya real atau nyata, yang mana sudah langsung berhubungan dengan aliran sesat yang dianut oleh beberapa orang yang ada di kawasan Amityville. 

Cerita ini langsung mengenai seorang pria yang bernama Defeo Jr yang mana sudah mengaku dirasuki oleh setan dan juga langsung membunuh seluruh anggota keluarga yang dimilikinya dengan cara menembak mereka secara keji. Lalu dilain cerita juga ada, dimana cerita ini masih mirip juga. Yang mana ini adalah sebuah kasus pembunuhan seorang pria yang dengan sadis bisa membunuh teman serta kerabat temannya. Dan menurut kabar beredar, Pria ini membunuh dan menjadi salah satu anggota dari aliran sesat yang ada. 

 

Kota St.James di New York Amerika Serikat 

Hotel Sofitel London St James, London - trivago.co.id

Yang mana kota ini masih di Long Island yang selalu dikaitkan dengan aliran sesat. Para warga di kawasan Massapequa yakin tempat inilah yang langsung saja didirikan oleh Gereja dalam menyembah setan dan juga dari segala kegiatan aliran sesat yang dilakukan di dalamnya. Ada sebuah cerita yang memang cukup banyak diketahui oleh orang banyak. Diceritakan langsung ada seorang anak perempuan yang memiliki nama Christina, yang mana di buku diarynya tertulis mengenai beberapa pengalaman mengerikan mengenai ritual sesat yang pernah dilakukan disana. Di dalam ritual ini melibatkan langsung hewan kurban dan juga kekerasan seksual sebagai salah satu tanda dari pemujaan terhadap setan. 

 

Kota Los Angeles di USA atau Amerika Serikat 

Los Angeles, Kota Impian Dunia Halaman 1 - Kompasiana.com

Selain kota untuk para pemain judi terkenal di dunia, nyatanya ini menjadi rumah kedua yang dimana banyak sekali mengenai kegiatan dari aliran sesat yang dilakukan. Julukannya sendiri sudah City of Angels yang mana memang banyak diberikan pada kota ini sebagai sebuah hiasan dan mengingat banyaknya komunitas sesat yang aktif dan bisa menyebarkan ajarannya di tempat ini. Kebanyakan juga komunitas disini sangat amat tertarik dengan segala macam yang langsung berhubungan dengan satanism seperti halnya : (1) Tantra, (2) Chaos Magic, (3) Blood Magic, dan terakhir (4) Magical BDSM. lalu beberapa komunitas sudah berdiri langsung sejak tahun 2004 dan juga bisa berteman dengan beberapa komunitas yang jauh lebih besar dalam melakukan ritual khususnya. 

 

Kota Lalish di Negara Irak 

Kurdistan PM congratulates Yezidis on annual pilgrimage, calls for Sinjar  security to be 'normalized'

Lanjut lagi masuk ke negara Irak. dimana, terdapat juga sebuah komunitas sesat di Irak yang memang dipercaya banyak orang sebagai komunitas yang sesat. Nah, komunitas ini bernama Kurdish Yazidi yang mana sudah memiliki kepercayaan bahwa dunia ini diciptakan langsung oleh seorang malaikat yang bernama Malek Taus. namun dari para penganut agama Islam dan juga Agama Kristen menganggap Malek Taus ini adalah salah satu dari malaikat yang sudah dibuang dari surga dan memiliki misi untuk menyesatkan umat manusia. Dan sampai saat ini Lalish menjadi tempat bagi komunitas dari Yazidi dalam melawan ISIS di utara Irak. 

 

Kota Victoria di Negara Canada 

Michelle Remembers: Michelle Smith,Lawrence Pazder MD: 9780671694333:  Amazon.com: Books | Horror book, Book worth reading, Michelle

Kurang lebih di tahun 1980 an, yang mana ini menjadi tahun dari kepercayaan atas hadirnya aliran sesat yang mana bisa ditemukan dimana-mana. Bahkan di kota ini saja ditemukan banyak orang-orang di dalam Televisi terus terang mengaku sebagai pemuja setan. Hal inilah yang mana membuat industri pertelevisian memutuskan untuk bisa menggali lebih dalam lagi mengenai aliran sesat tersebut. 

Dan di tahun 1980 an ada sebuah buku yang mana berjudul Michelle Remembers yang mana langsung saja ditulis oleh seorang gadis muda dan juga tentang psikiaters. Di dalam bukunya langsung mengisahkan kehidupan kelam yang sudah dialaminya ketika langsung berada di Victoria – Canada. Dikisahkan juga banyak sekali anak perempuan dan juga sudah termasuk dirinya yang menjadi objek dari kekerasan seksual sebagai salah satu ritual yang sudah langsung dilakukan oleh para pengikut dari aliran sesat disana. Dan di buku ini bisa mengisahkan betapa anehnya  ritual yang dilakukan oleh para penganut aliran sesat tersebut. 

 

Kota Seram Bolsover yang ada di England 

Bolsover 2020: Best of Bolsover, England Tourism - Tripadvisor

Negara Inggris memiliki kota yang bernama Bolsover. Diimana, ini menjadi kota bekas lahan tambang yang berlokasikan di Derbyshire – Inggris. Di tempat inilah yang memang langsung terkenal akan banyaknya hal positif seperti restoran, lalu tempat minum dan juga perpustakaan. Akan tetapi, tidak ada yang bisa menyangka bahwa kota ini terkenal akan kelebihan dan juga menjadi kota yang merupakan penganut pada ajaran sesat terbesar di negara Inggris. 

Dari catatan sensus yang ada dan telah dilakukan tahun 2011, dimana sudah tercatat langsung sebanyak 76.000 dan penduduk kota sendiri juga sudah menuliskan Satanism menjadi agama mereka. Namun dari sini, bagi para penganut Satanism yang berada di luar dari Bolsover menganggap langsung bahwa aliran Satanisme disana hanya saja main-main. Dan pada akhirnya aliran sesat yang berlangsung di Bolsover menjadi sebuah aliran sesat sendiri yang mana tidak banyak diakui langsung oleh para penganut Satanisme yang lainnya. 

 

Kota Pergamon yang Berasal dari Negara Turki 

Bergama (Pergamon) - Go Turkey

Kota ini sendiri menjadi kota yang telah lama menghilang dan berlokasikan dekat sekali dengan negara Turki. Di pergamon sendiri terdapat ebuah kuil besar yang mana dianggap langsung sebagai sebuah singgasana dari Setan. Adapun anggapan lainnya yang mengatakan bahwa kuil ini sendiri dipercaya oleh orang Pagan sebagai tempat dari berkumpulnya pada dewa. Di era Judeo Christian, orang Pagan sudah mulai dipercaya sebagai salah satu dari penganut aliran sesat. Dan dewa dewi yang disembah oleh orang Pagan ini langsung dianggap sebagai jelmaan dari Setan. Sebab itulah, dalam sebuah buku yang ditulis langsung oleh john Patmos dituliskan kembali bahwa kuil di Pergamon menjadi kerajaan dari Setan. Itu dia beberapa kota besar yang ada di dunia menganut aliran sesat sebagai agamanya. Adapun negara Itali, Connecticut, dan beberapa negara lainnya yang menjadi rumah bagi para penganut aliran sesatnya.

Fakta Seputar Yahudi Yang Harus Diketahui

Ketua Hadassah Indonesia Monique Rijkers yang dimana dirinya membeberkan sejumlah fakta yang menarik terkait dengan agama agama Yahudi, yang dimana agama ini sendiri adalah sebuah agama yang kerap disalahpahami oleh banyak orang. Agama Yahudi sendiri ternyata faktanya adalah yang dipahaminya menjadi penting untuk dapat disosialisasikan, mengingat Yahudi dan juga Israel adalah kedua topik yang dimana tidak pernah tuntas untuk dibahas di Tanah Air. Dimana pernah dilakukannya sebuah riset yang dimana menunjukan jika Yahudi atau juga Israel yang dimana menjadi salah satu topik yang selalu hangat dibicarakan di Indonesia, meski tidak selalu menjadi trending nomor satu.

Fakta Seputar Yahudi Yang Harus Diketahui

Kita yang dimana bisa lihat tentang isu Yahudi dan juga Israel yang dimana bisa menggerakkan orang untuk dapat berbondong-bondong datang ke Monas. Di Indonesia agen sbobet88 ini dimana ada dua kata yang sangat sensitif. Sebagai upaya yang dilakukan untuk dapat mengedukasi tentang sebuah masyarakat dan juga meluruskan tentang pemahaman yang tidak benar terkait dengan dua topik di atas, Monique yang dimana mendirikan tentang Hadassah Indonesia, sebagai sebuah sarana yang dilakukan untuk dapat menyebarkan sebuah toleransi di tengah pemberitaan yang kadang tidak dapat berimbang. Hadassah Indonesia adalah sebuah organisasi yang ada di Indonesia.

Dimana organisasi ini sendiri adalah sebuah organisasi yang mengedukasi tentang keberagaman, khususnya yang terkait dengan Yahudi dan Israel. Dimana pernah menjadi seorang jurnalis di sejumlah media yang ada beberapa tahun lalu. Ternyata ada beberapa hal yang berbeda tentang yang diberitakan tentang Israel dan juga ketika melihat langsung. Dimana Organisasi ini didirikan untuk menyediakan tentang sebuah pemikiran yang berimbang sekaligus juga memberikan sebuah pemahaman kepada masyarakat yang ada mengenai tentang Yahudi. Lantas apa sajakah fakta penting yang ada tentang ajaran Yahudi ? Dalam artikel ini akan dibahas beberapa fakta yang ada tentang agama Yahudi yang masih jarang diketahui. 

Tidak Sembarang Orang Bisa Menjadi Yahudi

Untuk fakta pertama, dimana ternyata seorang wanita kelahiran Makassar yang mengatakan  bahwa agama Yahudi bukan sebuah agama yang dapat dipeluk oleh sembarang orang. Hanya mereka yang dimana memang memiliki sebuah keturunan Bani Israel yang dapat dan juga yang bisa memeluk agama ini. Agama Yahudi ini, yang dimana bukan sebuah agama syiar, kalau bahasa di Kristen yang berarti misionaris. Artinya, agama ini yang dimana tidak ada yang bisa memeluk Yahudi kecuali adalah orang-orang keturunannya. Oleh sebab itu, Muslim di Indonesia ataupun juga penganut agama lain yang dimana tidak akan perlu khawatir dengan keberadaan Yahudi ini harusnya. 

Yahudi Telah Dijamin Menjadi Kaum Minoritas

Alumni Fakultas Biologi dari Universitas Kristen Salatiga yang dimana menyebutkan, keberadaan kaum Yahudi sendiri yaitu sebagai minoritas merupakan sebuah janji Tuhan sebagaimana yang termaktub di dalam firman-Nya. Karena dimanapun kita berada, kita yang pastinya menemukan Yahudi, tapi dimana jumlah dari anggotanya yang tidak besar. Karena memang demikian tentang prediksi Tuhan.

Dimana diperkirakan jika penganut dari agama Yahudi yang ada di dunia ini yang dimana hanya 18 juta jiwa dengan sebuah mayoritas yang biasanya akan tinggal di Yerusalem dan juga tinggal di New York. Dimana meskipun di dalam agama mereka yang melarang penggunaan dari obat KB, tetap saja jumlah mereka yang akan tetap menjadi sebuah kaum minoritas. Mungkin ini juga yang menjadikan standar minimal umat Yahudi ketika beribadah yaitu adalah 10. Jika islam sendiri untuk sholat jumat dimana minimal 40 orang. 

Kepercayaan Akan Tanah yang Dijanjikan

Mengutip dengan pengg sabda Tuhan yang ada di dalam Yehezkiel 37:21. Menurut ayat tersebut, dimana Tuhan yang telah menjanjikan kepada kaum Yahudi untuk kembali ke sebuah ‘tanah yang dijanjikan’, dalam hal ini dimana adalah Israel,  yang setelah mereka dipaksa menjadi diaspora ke berbagai negeri  yang ada pasca-Perang Dunia. Dimana penganut Yahudi yang memiliki sebuah kewajiban untuk sebuah Aliyah yaitu sebuah kewajiban untuk kembali ke sebuah tanah yang telah dijanjikan. Dimana hal ini kemudian dikenal dalam bahasa politiknya dan dikenal dengan sebutan Zionisme. Namun dimana perlu di ingat, Aliyah yang dimana hanya wajib bagi mereka saja yang memeluk agama Yahudi. Dimana bagi beberapa orang yang memang keturunan Yahudi, dimana tidak berkewajiban untuk melakukan Aliyah. 

Isu pembangunan kembali Kuil Salomo bukan kebijakan Pemerintah 

Beberapa saat lalu, dimana sempat beredar tentang kabar jika kaum Yahudi yang berada di Israel telah menyiapkan sebuah rencana khusus untuk kembali membangun sebuah tempat ibadah yang megah di atas sebuah puing-puing Kuil Solomon. Terkait hal itu, namun justru mempertanyakan siapakah yang nantinya akan layak menjadi Rabbi? Di Yahudi sendiri dimana tidak sembarangan klan atau marga yang dapat menjadi Rabbi, Itupun mereka yang harus menikah dengan klan yang sama dan banyak sekali aturan-aturan yang ada di dalamnya.

Kendati, miniatur dari Kuil Solomon yang kemudian didirikan ulang telah menyebar di dunia maya, nyatanya pemerintah Israel yang dimana tidak merencanakan untuk dapat membangun ulang (Kuil Solomon), karena memang hal tersebut adalah perintah dari Tuhan. Sedangkan Tuhan yang dimana tidak memerintahkan agar membangun kuil yang ada untuk yang ketiga kalinya. Karenanya tentang isu pembangunan kembali itu tentunya suatu hal yang dimainkan oleh segelintir kelompok atau juga segelintir yayasan yang tentunya punya kepentingan.

Yahudi Mempunyai Kewajiban Memberi Manfaat bagi Lingkungan 

Layaknya dengan agama yang ada pada umumnya, Yahudi sendiri yang dimana merupakan sebuah agama yang  memiliki sebuah kewajiban Tikkun Olam atau sebuah kewajiban untuk dapat memperbaiki bumi. Dalam hal ini, dimanapun kaum Yahudi nantinya hidup, mereka yang dimana nantinya harus memberikan manfaat yang besar bagi dirinya dan juga lingkungan sekitarnya. Segala aktivitas mereka yang dimana tentunya harus untuk meningkatkan sebuah kualitas kehidupan dan juga membawa dampak positif untuk dunia.

Ini yang nantinya akan menjadi sebuah kontribusi yang untuk orang Yahudi yang ada di berbagai belahan dunia. Dimana kewajiban dalam agama Yahudi sendiri yang ternyata tidak jauh berbeda dengan yang ada di Islam. Seperti sebuah larangan untuk tidak menyantap babi, berbuat zina dan mereka yang juga harus beribadah tidak waktu dalam sehari. Dijana ada beberapa orang Yahudi yang percaya jika sesungguhnya Islam dan Yahudi dua agama yang menyembah tuhan yang sama iaitu Allah.

Umat Yahudi mendukung Zionisme?

Kekeliruan selanjutnya yaitu adalah dimana menganggap tentang semua umat Yahudi adalah orang-orang yang mendukung Zionisme. Dengan kata lain Yahudi adalah Zionis sekaligus. Ini jelas sebuah anggapan yang kekeliruan dan juga sangat fatal. Zionisme yaitu adalah sebuah gerakan yang ada tentang nasionalis-politik yang dimana biasanya gerakan tersebut akan digerakkan oleh sejumlah tokoh Yahudi yang nantinya akan mendukung gagasan pendirian kembalis sebuah  kawasan atau negara khusus untuk masyarakat Yahudi yang ada di “Tanah Israel” (yaitu Palestina). 

Itulah beberapa fakta menarik tentang Agama Yahudi. Yahudi yang kita ketahui ternyata beberapa di antaranya tidak seperti yang kita pikirkan selama ini. Masih ada beberapa hal yang tentunya tidak terlalu bertentangan dengan kita, hanya saja anggapan tentang Yahudi yang sudah lama berkembang tentunya tidak dapat diubah dengan mudah. Pada dasarnya semua agama mengajarkan sebuah kebaikan.

Fakta tentang agama dan ilmu pengetahuan 

Perdebatan antara sains dan juga tentang agama, yang dimana secara sederhana sendiri adalah sebuah perdebatan yang ada antara pemikiran yang dijalankan berdasarkan dengan fakta dan juga dengan menggunakan keimanan, yang sudah sangat mendarah daging. Biasanya keduanya akan bertentangan dan juga tidak akan saling menjelaskan. Namun hal ini yang dimana ternyata bisa dijelaskan juga dengan menggunakan Sains. Karena dimana menurut sebuah penelitian terbaru yang sudah dipublikasikan di dalam jurnal PLOS One, konflik ini sendiri yang dimana sebuah konflik yang berakar dari sebuah struktur otak kita.

Fakta tentang agama dan ilmu pengetahuan 

Para ilmuwan sendiri yang dimana menemukan sebuah hal ini melalui sebuah penelitian yang dilakukan secara mendalam tentang mengapa seseorang nantinya menggunakan sebuah penalaran dan juga analitis, yang dimana punya sebuah asosiasi ke sains, serta sebuah alasan tentang sebuah moralitas, yang sangat erat hubungannya dengan sebuah keimanan atau juga sebuah agama. Sains dan agama adalah dua hal yang tidak bisa di satukan dan kedua hal tersebut sangat bertentangan. Dunia sains sendiri yang dijana menyebarkan agama dengan beberapa fakta, untuk agama sendiri adalah sebuah hal yang dipercayai dan juga diimani oleh manusia. Namun, tak ada salahnya jika kita mengetahui tentang fakta apa saja pertentangan yang mendarah daging tentang sains dan juga agama. Berikut ini akan dibahas beberapa fakta pertentangan sains dan juga agama. 

Otak memiliki jaringan yang sifatnya bertentangan

Dari sebuah studi yang dimana telah dilakukan, dapat ditunjukkan bahwa otak yang dimana memiliki sebuah ‘jaringan analitis’ yang dimana jaringan ini sendiri adalah sebuah jaringan yang digunakan untuk berpikir dan menggunakan pemikiran secara kritis. Serta sebuah dari ‘jaringan sosial’ yang dimana menjadikan otak anda nantinya bisa lebih berempati dan juga lebih tertarik ke sebuah alasan moral ketimbang dengan sebuah penalaran. Menurut peneliti, kedua jaringan ini sifatnya  berlawanan, karena setiap orang yang nantinya akan memiliki salah satu jaringan tersebut yang mana lebih aktif ketimbang dengan lainnya. Bagaimana hal ini  yang terjadi ? Dari sebuah pengalaman.

Pengalaman yang menentukan Anda berada di ‘pihak’ mana

Menurut sebuah peneliti, dimana hal ini tentunya juga berlawanannya kedua jaringan ini yang dimana menjadi suatu hal yang sangat erat kaitannya dengan sebuah pengalaman seseorang. Jika seseorang yang dimana lebih banyak mengalami sebuah pengalaman yang sangat erat dengan keimanan atau juga sebuah kegiatan supranatural, secara otomatis otak yang nantinya juga akan menekan sebuah kinerja ‘jaringan analitis,’ sehingga otak kita yang nantinya tak akan berpikir secara kritis. Hal ini yang dimana nantinya menjelaskan mengapa orang yang percaya dengan agama, tak terlalu tertarik terhadap sebuah dunia sains dan hal-hal yang dimana para ilmuwan coba untuk tuliskan dan ‘nalarkan.’

Menurut filsuf, kebenaran memang ada dua

Penemuan ini menjadi salah satu penemuan yang senada dengan sebuah pemikiran seorang tentang filosofis asal Jerman yakni Immanuel Kant. Kant yang dimana menganggap ada dua buah kebenaran yang ada, yakni sebuah kebenaran empiris dan juga sebuah kebenaran secara moral. Kant yang dimana membedakan antara alasan teoritis yang berhubungan dengan sebuah sains, serta juga dengan sebuah alasan praktis yang berhubungan erat dengan moral. Seperti yang juga diungkapkan oleh Dr. Tony Jack, kepala peneliti yang juga sekaligus Profesor filosofi dan juga neuroscience. Kant yang dimana dirinya menunjukkan bahwa dua tipe pemikiran ini, yang dimana keduanya sendiri dapat saling bertentangan.

Dan dimana hal ini sendiri adalah hal yang sama dengan hal apa yang kita bisa lihat di otak yang kita rasakan. Sehingga, konflik ini yang dimana menjadi salah satu hal yang akan berakar dari otak anda sendiri. Jadi, konflik ini sebenarnya sebuah konflik yang dimana tak benar-benar nyata, namun lebih kepada otak kita yang dapat membingkai konteks hingga mempunyai sebuah perbedaan yang cukup dapat mendasar bagi orang lain. Jika kita nantinya menganut dengan teguh apa yang sudah kita percaya, tentunya tak perlu menyalahkan tentang semua pemikiran orang lain, dan orang lain juga yang dimana tak berhak mengatakan tentang pemikiran kita salah.

Setiap orang memilih satu pemikiran

Dikarenakan dua buah ‘komponen’ otak yang dimana nantinya juga akan saling menekan, setiap orang yang dimana nantinya juga akan memilih satu pemikiran daripada yang lainnya. Jadi nantinya di dunia sendiri akan ada dua tipe orang, yakni yang akan dipercaya sains dengan segala sesuatu yang ada dan dapat dinalar, atau orang yang percaya tentang sebuah keimanan. Hal inilah yang kemudian pada akhirnya menjadi salah satu sesuatu yang dapat memicu konflik yang ada antara sains dan juga antara agama. Metodologi studi ini adalah sebuah hal yang dapat dilakukan Profesor Jack dan juga sebuah tim untuk dapat membuat delapan kali eksperimen dengan cara melibatkan 527 orang dewasa.

Dalam eksperimen yang pertama, partisipan yang dimana nantinya akan diwajibkan untuk dapat mengisi sebuah kuesioner yang nantinya akan dapat mengukur sebuah tingkat pemikiran yang kritis dan juga yang menjadi salah satu yang mekanikal, yang keduanya menjadi sebuah hal yang dapat mengukur tingkat pemikiran nalar yang ada secara analitis. Hasil dari kuisioner ini yang dimana diketahui menjadi salah satu hal yang juga sangat akurat, di mana seseorang yang nantinya akan percaya terhadap sebuah keimanan dan juga terhadap agama, mereka yang bisanya akan lebih berpikir secara moral ketimbang dengan analitis. Namun hal ini juga menunjukan bahwa cara berpikir yang satu tidak lebih baik daripada yang lain. Cara berpikir seseorang yang dimana muncul berdasarkan dengan masalah tertentu yang pernah dihadapi oleh seseorang.

Ilmuwan, Sains, dan Iman

Tentunya kita semua berharap akan ada semakin banyak tentang penerbit-penerbit Indonesia yang dimana mau menerbitkan buku-buku sains populer dan juga menjadi sebuah tren yang lekas ditiru oleh ilmuwan-ilmuwan yang ada di Indonesia. Namun, persoalan klasik yang dimana menjadi salah satu cara mengenai tentang buruknya sebuah kualitas menulis ilmuwan-ilmuwan Indonesia, terlebih dengan sebuah gaya bahasa publik, rasanya hal tersebut yang dimana membutuhkan sebuah waktu tunggu yang cukup lama. Dimana beberapa orang percaya dan juga berharap setidaknya ada beberapa buku-buku yang bertema biologi atau juga antropologi dengan konten lokal yang ditulis dengan bagus dan juga secara populer, karena keduanya sebagian potensi aset  tentang keilmuan khas Indonesia yang tentunya layak dipopulerkan. Dimana beberapa orang percaya, bahwa pemahaman mendalam akan sains adalah sebuah jawaban dari tersendatnya Indonesia dalam berbagai bidang. Sains bukanlah barang haram yang dimana harus dijauhi dari sebuah daftar menu asupan gizi yang diperlukan bagi otak, apalagi sebuah ilmu yang  dibuang jauh-jauh karena dianggap sebagai sebuah produk pendompleng dari keimanan.

Itulah beberapa fakta tentang ilmu agama yang bertentangan dengan Sains. Semuanya adalah pilihan dari masing-masing individu yang mempercayai nya.

Sejarah Masuknya Agama di Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Indonesia merupakan negara dengan begitu banyak keberagaman di dalamnya. Diantara seluruh kepercayaan yang sudah berkembang dan dipercayai oleh segenap masyarakat di dunia Terdapat aneka perbedaan yang saling mendukung keberlangsungan bersama hingga menimbulkan masyarakat yang beraneka ragam jenisnya. Namun perbedaan ini tetap berlangsung dengan baik dan tidak mengganggu satu sama lain.

Masyarakat Indonesia yang sudah begitu beragam juga memiliki diferensiasi yang terdapat pada kepercayaannya. Hingga kini tercatat enam macam agama resmi yang telah terdaftar di wilayah kesatuan negara Republik Indonesia. Dimana enam agama ini juga mengalami perkembangan dengan munculnya satu agama baru yang menjadi kepercayaan terdaftar dan dapat dipilih oleh segenap warga Indonesia dalam pencatatan akta penduduk yang resmi. Beberapa perbedaan mengalami akulturasi atau perkembangan hingga mengalami sedikit perubahan atau peningkatan dalam menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Ada beberapa agama di Indonesia yang tetap berusaha untuk mempertahankan keutuhannya seperti sejak pertama kali diajarkan. Namun aneka macam kepercayaan juga banyak yang berusaha menyesuaikan dengan perkembangan zaman, agar tidak terkesan sangat menolak dalam perkembangan yang terjadi di dunia. Dimana para umatnya tetap mempertahankan esensi dasarnya sehingga tidak terbawa arus dan terpengaruh secara begitu besar akan aneka kemajuan dan perkembangan yang terjadi khususnya di Indonesia. Berbagai agama juga banyak yang masuk ke Indonesia dengan metode yang hampir sama, yaitu dari jalur pengajaran yang diberitakan oleh tokoh-tokoh pedagang sambil menawarkan barang dagangannya kepada masyarakat sekitar.

Maka dari itu berikut rincian akan kepercayaan yang dianut dan berkembang di Indonesia berdasarkan sejarahnya dan kisah berkembangnya segenap agama ini hingga memiliki banyak pengikutnya di belahan wilayah nusantara. Pembahasan artikel dibawah ini juga akan menjabarkan akan informasi penting sebagai esensi dari aneka kepercayaan ini seperti nama sosok petinggi agamanya serta nama kitab suci yang dipercayai. Maka tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita simak penjabaran aneka agama yang berkembang di nusantara tempat kita berpijak sambil mempelajari akan kisah awal mulanya.

Islam

Pemimpin dari agama ini adalah Kyai, Habib, Syekh dan Ulama. Kitab sucinya disebut Al-Qur’an, dan tempat beribadahnya dapat dilakukan di Masjid, Musholla maupun Langgar. Agama ini juga memiliki waktu beribadahnya yang dilakukan 5 kali dalam satu harinya. Islam saat ini memiliki penduduk terbesar di Indonesia, juga cukup banyak di dunia. Mayoritas umat muslim yang ada di Indonesia menganut aliran Sunni, dan jumlah yang kecil menganut aliran Syiah.

Penyebarannya juga banyak dilakukan oleh kaum pedagang yang singgah ke Indonesia. Akibat terlihat menarik di mata masyarakat hingga petinggi seperti Raja, agama Islam mulai dianut banyak orang Indonesia. Faktor dari banyak Raja yang mulai menganut agama Islam membuat para umatnya menjadi turut serta memeluk agama tersebut. Selain penyebaran yang dilakukan, agama Islam juga banyak berkembang akibat perkawinan yang dilakukan oleh masyarakat pendatang dengan penghuni asli dari Indonesia.

Di masa itu Islam menyebar secara damai, sehingga dapat diterima oleh banyak jenis orang. Berbeda dari penyebaran agama Islam yang sering terjadi di masa kini, dimana banyak penyebarannya berlangsung secara kejam dan ditambah unsur pemaksaan maupun ancaman. Ditambah lagi dengan aneka kalangan dengan doktrin yang salah banyak bermunculan serta memberi teror dan rasa takut bagi segenap masyarakat akan kepercayaan yang sering dianggap tidak manusiawi ini.

Pada mulanya agama Islam banyak menyebar di kawasan Jawa dan Sumatra. Sedangkan daerah lain masih banyak yang menyembah kepercayaan semula yaitu Animisme (menyembah benda yang dianggap memiliki kekuatan). Hingga belakangan barulah agama Kristen mulai memasuki daerah Timur di Indonesia. Sedangkan wilayah Bali tetap menekankan teguh kepercayaannya akan agama Hindu sebagai kepercayaan dari masyarakat lokal.

Kristen dan Katolik

Pemimpin dari agama ini adalah Pendeta untuk umat Kristen, serta Romo, Uskup serta Paus untuk agama Katolik. Kitab suci yang dipercayanya oleh kedua jenis agama ini adalah Alkitab. Dan tempat beribadahnya juga sama, dan dikenal dengan nama gereja. Umat Kristen menjalani kegiatan beribadahnya pada hari minggu, sedangkan umat Katolik beribadah pada hari sabtu serta minggu.Seluruh umat Kristen beribadah di Gereja, baik itu kaum Kristen Protestan, Katolik, serta juga Kristen Ortodoks.

Adanya kepercayaan Kristen Protestan ini merupakan upaya protes yang dilakukan oleh sosok bernama Martin Luther akan bentuk protesnya dari kebijakan yang diberlakukan oleh petinggi agama Katolik dalam upayanya untuk membangun gedung gereja yang megah di kawasan Eropa, melalui cara indoktrinasi yang tidak tepat kepada para umatnya. Maka dari itu, terdapat perbedaan dan persamaan diantara kedua kepercayaan ini, seperti dalam hal isi dari kitab sucinya dimana meskipun memiliki nama yang sama.

Dalam isi dari Alkitab yang dipercaya oleh umat Katolik terdapat bagian yang disebut 12 kitab Deuterokanonika, juga terdapat sedikit perbedaan yang dipahami dan dipercaya oleh ketiga agama Kristen ini. Seperti contohnya dalam jenis wilayah Purgatory sebagai tempat yang diisi oleh api penyucian sebagai perantara antara bumi dan surga yang hanya dipercayai umat Katholik dan tidak dipercayai oleh umat Kristen. Baik ketiga jenis kepercayaan Kristen ini masuk ke Indonesia dibawakan oleh kaum pedagang dan misionaris yang datang bersamaan dengan saat penjajah Belanda berada di Indonesia.

Hindu

Kepercayaan ini dipimpin oleh Sulinggih, Pedanda, maupun Pandita. Sedangkan kitab sucinya disebut Weda. Para umat Hindu beribadah di Pura dan pelaksanaan ibadah dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu hari. Agama Hindu juga diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar abad ke-4, dimana ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara di wilayah Indonesia.

Munculnya kepercayaan Hindu juga memulai peralihan dari zaman prasejarah, menjadi zaman sejarah dimana mulai dikenalnya aneka macam tulisan seperti salah satunya bahasa sansekerta di Indonesia. Seperti yang banyak ditemukan dari peninggalan di aneka kerajaan kuno. Salah satu peninggalan bangunan bernuansa Hindu yang terkenal di Indonesia contohnya candi Prambanan yang dibangun saat masa kejayaan dari Kerajaan Majapahit. Dimana kerajaan inilah yang menjadi masa akhir berkembangnya agama Hindu di Indonesia sebelum digantikan oleh aneka kerajaan Islam.

Buddha

Kepercayaan ini dipimpin oleh sosok yang disebut Bhiksu, Bhiksuni, Pandita, maupun Bhante. Kitab suci dari agama Buddha disebut Tripitaka, sedangkan tempat beribadahnya di bangunan yang disebut Vihara. Namun akibat dari kisah sejarah yang pernah terjadi di masa lampau, banyak umat Buddha yang juga dapat beribadah di Kelenteng. Kegiatan ibadahnya itu sendiri berlangsung setiap hari minggu, dan setiap tanggal 1, 8, 15, dan 23 yang disesuaikan dengan penanggalan Candra Sengkala.

Pada sekitar 423 Masehi, Bhiksu Gunawarman datang ke wilayah Jawa (yang dikenal menurut kepercayaan setempat sebagai wilayah Cho-Po) untuk menyebarkan agama Buddha. mendapat perlindungan dari masyarakat setempat. sehingga misinya menyebarkan agama Buddha dapat berlangsung dengan lancar. Hal ini juga dicatat dalam buku Gunawarman.

Terdapat juga sebuah catatan yang ditulis akan perkembangan agama Buddha di wilayah Jawa Tengah melalui kerajaan Kalingga yang menganut agama Buddha. Catatan ini juga ditulis di negara China, dan disana kerajaan Kalingga disebut sebagai Ho Ling. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang Ratu bernama Sima yang membuat kerajaan ini aman dan damai selama masa pemerintahan Pemimpin ratu tersebut. Kerajaan Kalingga ini juga menjadi pusat pengetahuan dan pengajaran akan agama Buddha, maka dari itu banyak orang dari dataran China yang datang ke tempat ini untuk mempelajari agama Buddha.

Selain itu juga terdapat banyak catatan sejarah mengenai kepercayaan akan agama Buddha yang terdapat di aneka Kerajaan yang berlokasi di wilayah Indonesia sebelum menjadi satu kesatuan negara. Tidak hanya mencatatkan akan Kerajaan Kalingga yang menganut agama Buddha, namun juga aneka Kerajaan lain seperti Sriwijjaya, Mataram Kuno, Singosari, Majapahit, dan aneka kerajaan lainnya.

Konghucu

Agama ini dipimpin oleh seorang Xueshi, Wenshi, atau Jiaosheng sebagai tokoh pemimpin agamanya. Kitab suci yang digunakan adalah Sishu, Wujing, atau sering disebut Xiao Jing. Tempat beribadah dari kepercayaan ini bisa dilakukan di beberapa tempat, seperti Klenteng, maupun aneka tempat lain yang disebut sebagai Kong Miao, Wen Miao, serta Litang. Kegiatan ibadahnya dilaksanakan pada setiap tanggal 1 dan 15 yang disebut sebagai hari yinli atau imlek oleh para umatnya, serta pada hari minggu.

Para penganut kepercayaan ini perlu melewati perjuangan dalam mengusahakan agama ini untuk diterima di Indonesia, sebagai salah satu kepercayaan resmi yang terdaftar dan diakui. Dan sebelum agama Konghucu diangkat menjadi salah satu kepercayaan resmi di Indonesia, para umat dari agama ini sering disebut beragama Buddha.

Agama Konghucu ini sendiri berasal dari China, yang dibawa kaum pedagang serta imigran dari dataran Tionghoa. Agama ini sudah terlebih dahulu masuk ke Indonesia sejak abad ke 3 masehi, sebelum agama Buddha yang masuk ke Indonesia di abad ke 4 masehi. Namun saat masuk, para pemeluknya belum menceritakan hingga menyebarkan agama ini sehingga masyarakat Indonesia menganggap bahwa agama Buddha lah yang masuk terlebih dahulu. Agama Konghucu umumnya lebih menitikberatkan pada kepercayaan dan praktek para umatnya secara individual, sehingga perannya di masyarakat kurang tersampaikan hingga tidak memberi dampak yang cukup besar.

Kepercayaan Lainnya

Selain ke enam agama yang sudah diresmikan oleh pemerintah di Indonesia tersebut, juga terdapat aneka kepercayaan non resmi yang dianut oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hanya saja dalam pencatatan sipil seperti pembuatan KTP dan kartu identitas lainnya mereka mencatatkan kepercayaannya menjadi salah satu diantara 6 kepercayaan yang paling mendekati. Rincian agama di bawah ini tidak dijadikan agama resmi di Indonesia, sehingga berbagai informasi yang menyampaikan akan keresmian dari agama2 berikut adalah suatu informasi yang tidak benar atau hoax.

Yahudi

Mirip seperti penyebaran agama Kristen dan Katolik, agama ini juga dibawa dan disebarkan oleh para pedagang rempah-rempah pada tahun 1850-an. Berkisar ada 20 keluarga Yahudi dari Belanda dan Jerman mulai menetap di Batavia. Beberapa lainnya juga tinggal di Surabaya dan Semarang. Bahkan ada beberapa kaum Yahudi yang berasal dari daerah Baghdadi dan juga tinggal di Indonesia. Sensus mencatat pada sekitar tahun 1945 ada 2000 orang Yahudi asal Belanda yang tinggal di Indonesia. Namun jumlahnya mengalami penyusutan di tahun 1957 menjadi 450 orang. Kurang diketahui penyebab dari terjadinya hal ini apakah entah karena jumlahnya banyak yang berpindah kepercayaan, atau tutup usia akibat berjalannya waktu.

Para orang Yahudi yang tinggal di Jakarta sejak tahun 1957 banyak yang berasal dari kaum Ashkenazim, sedangkan yang menetap di Surabaya banyak yang berawal dari kaum Sephardim. Di masa kini, satu-satunya Sinagog (altar tempat beribadah orang Yahudi) berada diluar kota Manado. Dimana jumlahnya pun tidak besar, hanya dihadiri oleh sekitar 10 orang dalam acara kebaktiannya. Dan status para orang Yahudi ini tidak diketahui kepastiannya di masa kini, apakah masih ada ataukah sudah lenyap dari dataran Indonesia.

Baha’i

Agama ini dipercaya menurut info merupakan suatu kepercayaan yang berusaha menyatukan seluruh ajaran agama yang ada di seluruh dunia. Dimana jenis ini sudah tercatat pernah terjadi sebelumnya dan pernah dilakukan di India, yaitu agama Sikh yang mencampuradukkan kepercayaan Islam dan Hindu. Informasi menyampaikan bahwa kepercayaan nik yang berlaku ‘universal’ ini disebut Baha’i. Dan populasinya di Indonesia banyak yang berada di kawasan Samarinda, ibukota dari Kalimantan Timur.

Kristen Ortodoks

Selain dari agama Kristen dan Protestan di Indonesia, juga terdapat satu kepercayaan atau aliran lain dari agama Kristen yaitu Kristen Ortodoks. Di dunia itu sendiri, kepercayaan ini terdiri menjadi dua macam kelompok, yaitu gereja Ortodoks Yunani dan gereja Ortodoks Syiria yang berkiblat ke Antiokhia. Kristen Ortodoks adalah suatu kepercayaan yang mengarah ke era Kristen yang dibentuk sekitar masa Kekaisaran Romawi Timur (atau sering dikenal dengan nama Byzantium). Kata “ortodoks” itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “orthos” yang berarti benar dan “doxa” yang berarti kepercayaan atau suatu opini. Kedua kata ini jika disatukan memberi makna suatu komitmen atau sebagai standar yang benar, yang berlaku secara universal.

Perkembangan Agama Terbesar di Kawasan Asia dan Eropa

Dunia memiliki kepercayaan akan sosok Tuhan sebagai pencipta dari segala sesuatu. Manusia mempercayai akan kekuatan ilahi yang menguasai banyak hal, termasuk keberlangsungan segala hal yang dapat terkontrol dengan begitu teratur hingga saat ini. Pada dasarnya banyak orang menganggap bahwa mereka mempercayai sosok Tuhan yang sama. Namun istilah dan penyebutanlah yang membedakan sosok Allah di mata pada umatnya yang terbagi menjadi aneka macam kepercayaan.

Pada artikel ini akan memfokuskan pembahasan mengenai kepercayaan yang paling banyak berkembang di dua wilayah yang besar dari muka bumi ini, yaitu Asia dan Eropa. Kedua negara ini dipercaya memberi pengaruh yang besar bagi segenap umatnya. Faktor kebudayaan dan perkembangan pola pikir yang didukung akan ilmu pengetahuan serta teknologi juga memberi dampak besar bagi negara di kedua wilayah ini, salah satunya dalam mempercayai akan suatu hal yang diluar nalar atau akal sehat yang dapat diterima secara logika. Maka dari itu terdapat perbedaan kepercayaan serta pengalaman diantara seluruh umat manusia yang beragama.

Pada umumnya banyak kepercayaan yang lebih berkembang di Asia memiliki jumlah yang lebih besar terlebih dahulu dibandingkan kawasan Eropa. Kepercayaan yang dianut di Eropa lebih stabil dan hanya berfokus pada satu jenis. Namun belakangan barulah beberapa kepercayaan yang banyak dianut orang Asia turut menyebar hingga ke daerah Eropa. Banyak dari kepercayaan ini berasal dari satu jenis yang sama, seperti contohnya banyak yang bermula dari kisah sejarah yang sama. Hingga mengenal sosok tokoh yang sama seperti Abraham atau yang juga disebut Ibrahim. Dengan awal yang sama, kepercayaan ini berkembang secara lebih spesifik di jenisnya masing-masing hingga menjadi cukup berbeda dengan aneka kepercayaan yang dianut.

Faktor kebudayaan masyarakat sangat berpengaruh akan pola penyebaran agama-agama tersebut. Ada suatu kepercayaan yang sudah dianut oleh masyarakat di wilayah tertentu. Namun ada juga kepercayaan yang timbul sebagai upaya penyelarasan di antara dua jenis agama yang berkembang secara besar di suatu wilayah, sehingga muncullah akulturasi dari kedua kepercayaan tersebut agar menjadi jawaban yang menyenangkan kedua belah pihak serta menghindari kemungkinan akan terjadinya perselisihan.

Kawasan Asia

Ada berbagai macam agama maupun kepercayaan lokal yang dipercayai oleh orang Asia. Begitu luasnya wilayah Asia serta tingginya tingkat persentase angka pertumbuhan penduduk juga mendorong akan keberagaman dalam agama dan kepercayaan yang dianut. Meskipun umumnya dalam suatu kepercayaan akan mempercayai suatu agama yang sama antara kaum paling tua hingga ke keturunan-keturunannya. Namun perpecahan dapat terjadi dan pemikiran akan kepercayaan yang berbeda dapat menimbulkan akan berubahnya kepercayaan dari sang anak keturunan tersebut.

1. Islam

Kepercayaan ini menduduki posisi yang besar dari jumlah penganutnya. Diawali dari negara Arab sebagai salah satu negara di kawasan Afrika yang berkembang hingga ke seluruh penjuru dunia terhitung di masa kini. Bahkan berbagai agama telah menetapkan agama islam sebagai agama nasional dari negaranya, seperti contohnya negara Malaysia. Agama Islam cukup pesat dalam perkembangan dan penyebarannya, hingga saat ini hampir tidak ada negara yang tidak terluput dari penyebaran agama ini. Agama ini dipercayai oleh pemeluknya sebagai suatu kepercayaan yang diwahyukan oleh Allah kepada seorang nabi yang bernama Muhamad. Maka nabi itu dipercayai oleh segenap pemeluknya sebagai tokoh penting dari kepercayaan ini.

Menurut catatan sejarah, agama ini didirikan pada 610 M. Negara Arab dipercayai sebagai pusat tempat utama dari agama islam ini karena tempat suci yang dimilikinya, yaitu Mekkah. Pengikut dari agama ini disebut sebagai Muslim. Agama ini mempercayai sosok penting dalam kepercayaannya yaitu Muhammad, Allah, Sunnah dan Quran. Kepercayaan ini juga menjadi agama tertua di dunia yang dipercaya ada sejak jaman nabi Ibrahim. Kitab suci dari agama ini disebut AlQuran. Terdapat dua kelompok dari kepercayaan ini yaitu Sunni dan Syiah. 90% pemeluk agama islam terdiri dari kaum Sunni, sedangkan 10% lagi adalah Syiah.

2. Hindu

Agama ini juga menjadi agama yang cukup tua di dunia, dengan hampir seluruh pemeluknya tinggal di Asia Selatan dan India. Bahkan di India itu sendiri hampir 90% penduduknya memeluk agama ini. Kepercayaan ini menjadi agama terbesar ketiga di dunia, dimana pemeluknya banyak yang tinggal di wilayah Asia. Terdapat dua jenis dari kitab suci yang dipercaya, yaitu Upanisad dan yang lebih umum kitab Weda. Pendiri dari agama Hindu hingga saat ini tidak diketahui, dan hal ini membuat kepercayaan ini menjadi suatu hal yang menarik. Perkembangan agama ini juga dapat diteliti sampai waktu yang cukup panjang, yaitu tahun 1500 SM.

3. Buddha

Kepercayaan ini didirikan oleh Siddharta Gautama yang juga dikenal dengan nama Buddha dan sering disebut sebagai “Sang Buddha” pada tahun 600 SM. Sama seperti agama Hindu, kepercayaan ini juga menjadi agama yang mempercayai Dharma. Agama ini sendiri sangat mengajarkan akan hal-hal seputar kehidupan setelah kematian, karma dan proses reinkarnasi. Kitab sucinya disebut Tripitaka yang berarti tiga keranjang. Versi asli dari kitab Tripitaka ditulis dalam bahasa Pali. Agama ini juga terdiri dari beberapa sekte yang berbeda sebagai bagian di dalam agamanya yaitu Mahayana, Vajrayana, dan Hinayana. Para pengikut kepercayaan ini disebut Buddhist. Banyak pengikutnya yang tinggal di daerah Asia mengikuti ajaran Buddhisme Tibet yang menjadi bagian dari Vajrayana. Kepercayaan ini sangat banyak dipercaya oleh orang Asia Timur di berbagai wilayah.

4. Sikhisme

Ajaran ini didirikan oleh sosok Guru Nanak yang berkembang sejak tahun 1469 – 1539 M. Dan kepercayaan ini sendiri banyak dipercayai oleh masyarakat di daerah Punjab yang terletak di negara India. Agama Dharma juga memiliki kesamaan seperti Buddha dan Hindu, dan agama ini menjadi kepercayaan yang banyak dianut terbesar ketiga setelah Hindu dan Buddha di seluruh dunia. Kepercayaan ini dianggap sebagai percampuran antara agama Hindu dan Islam. Para umat dari agama ini disebut sebagai orang Sikh. Kitab suci yang dipercaya adalah Guru Granth Sahib yang ditulis dalam naskah Gurmukhi.

Karakteristik yang unik dari pemeluk agama ini terlihat secara jelas dari begitu banyaknya tokoh laki-lakinya yang biasa untuk menggunakan sorban di kepalanya. Maka sangat terlihat jelaslah bahwa Sikhisme ini menjadi kolaborasi dari agama Islam dan Hindu yang dianut masyarakat India. Gaya berpakaian ini akan umum terlihat bagi banyak orang India yang berbusana lebih tradisional. Agama ini juga dipercaya diwariskan dari tokoh Ibrahim yang terkenal di banyak kepercayaan.

5. Yahudi / Judaisme

Sama seperti Sikhisme, agama ini juga merupakan kepercayaan yang diturunkan dari sosok Ibrahim atau yang dikenal juga dengan nama Abraham kepada banyak keturunannya. Kepercayaan ini banyak mendiami daerah Israel sebagai populasi utama dari penganutnya, dan diikuti oleh Amerika Serikat, yang menjadi pusat perkumpulan banyak orang dari seluruh dunia. Kepercayaan ini mulai didirikan sejak tahun yang cukup lama, yaitu pada 1300 SM. Maka dari itu, agama ini menjadi salah satu agama tertua yang ada di dunia. Pemeluk agama ini berjumlah cukup banyak, yaitu hingga lebih dari 20 juta pengikut di seluruh dunia. Mirip seperti kepercayaan Kristen, agama ini juga pengikutnya terbagi menjadi 3 macam aliran yaitu Konservatif, Ortodoks dan Liberal.

6. Bahá’í / Bahasime / Babis

Agama ini didirikan oleh Mirza Husayn Ali (Bahaullah) pada tahun 1900 masehi. Agama ini dimulai berawal dari Iran pada abad ke-19, dimana Bahaullah mengkhotbahkan kepercayaan mengenai agama tersebut sehingga membuatnya disiksa selama berkali-kali selama ia hidup. Hingga akhirnya Bahaullah meninggal di Palestina di dalam kurungan penjara. Para pengikut dari agama ini dikenal dengan nama Bahai atau Babis. Kitab suci yang dipercayai adalah al-Aqdas. Dan para penganutnya juga mengikuti ajaran dari Ibrahim. Kepercayan ini banyak dipercaya oleh para masyarakat di berbagai negara Timur Tengah, serta beberapa wilayah Asia.

Kawasan Eropa

Jika wilayah Asia memiliki begitu beragam kepercayaan yang dipercayainya, maka hal yang sama tidak terjadi pada kawasan Eropa. Eropa hanya memiliki satu jenis kepercayaan yang berkembang disini yaitu Kristen. Namun kepercayaan Kristen yang dianut bisa berbeda menjadi berbagai aliran hingga disesuaikan menjadi kepercayaan yang ditentukan resmi oleh beberapa negara di Eropa.

Ada sebagian negara yang banyak menganut kepercayaan Kristen Protestan, namun populasi terbesar mungkin dipegang oleh penganut agama Katolik seperti yang dipercayai di kota Roma, Italia serta berbagai negara lain di kawasan Eropa seperti Slovakia. Maka dari itu berikut perkembangan agama paling besar di Eropa hingga saat ini masih dipegang oleh Katolik dan diikuti Kristen beserta aliran Ortodoks. Namun agama islam yang dipercayai kebanyakan orang Asia mengalami peningkatan yang cukup sangat pesat sehingga jumlahnya hampir menjadi populasi terbesar di kawasan Eropa dengan faktor pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi bagi para pemeluknya..

 Kristen

Agama ini dipercaya juga menjadi salah satu agama tertua di dunia. Dengan memiliki sekitar 2,3 miliar pengikut di seluruh muka bumi, yaitu sekitar 32 persen dari seluruh kepercayaan yang dianut di dunia. Populasinya banyak tersebar di kawasan Eropa, Afrika, Amerika dan cukup banyak juga di kawasan Asia. Kawasan Eropa menjadi jumlah penghuni yang bisa dibilang paling besar menganut kepercayaan ini. Nama Kristen itu sendiri disebut dalam bahasa Inggris sebagai Christian yang mengacu pada nama Anak Allah yang dipercayai, yaitu Christ.

Agama ini dianggap sebagai suatu kepercayaan yang didirikan oleh Yesus Kristus sebagai anak Allah yang turun ke bumi. Lalu kemudian ia meninggal di kayu salib untuk menebus umat dosa kaumnya yang percaya dan nanti akan datang kembali ke bumi ini di akhir zaman untuk menghakimi umat manusia. Kepercayaan ini menggunakan kitab suci yang disebut Alkitab, dimana kitab suci ini menceritakan akan dua macam zaman yang terjadi di masa lalu yaitu pada masa Perjanjian Lama sebelum lahirnya sosok Yesus Kristus, dan Perjanjian Baru sejak saat kelahiran Yesus ke bumi ini yang berlangsung di daerah Israel.

Agama ini sendiri terdiri dari tiga jenis komunitas besar yaitu Kristen Ortodoks Timur, Katolik Roma dan Kristen Protestan. Selain ketiga aliran ini, ada juga berbagai aliran lain yang memiliki keberagaman perbedaan diantaranya. Ketiga aliran tersebut juga memiliki keyakinannya masing-masing yang memiliki persamaan dan perbedaan diantaranya, jenis khotbah yang disampaikan, hingga tradisi yang berlangsung bagi umatnya saat merayakan hari raya. Isi kitab suci dari antara Katolik dan umat Kristen Protestan pun mengalami sedikit perbedaan. Pada kitab suci agama Katolik memiliki tambahan bagian dan syair yang tidak tercantum dalam Alkitab yang dipercaya agama Kristen. Agama ini juga menjadi populer di kawasan Eropa berkat sosok Martin Luther dan berbagai jenis tokoh agama hingga sosok pemimpin negara yang banyak berasal dari daerah Eropa di masa lalu.

Ini hanya sebagian kecil contoh kepercayaan besar yang dianut oleh kedua wilayah besar di muka bumi. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa kepercayaan kecil atau adat lokal yang dianut oleh sebagian kecil masyarakatnya, baik itu yang sudah diketahui informasinya maupun masih sangat tertutup. Berikutlah informasi akan kepercayaan di dua daerah ini. Semoga informasi ini membantu ya.

Agama Terbesar Di Dunia

Menjadi seorang yang religius bukan berarti anda hanya harus percaya dengan apa yang diceritakan, tetapi menjadi sebuah sarana religius juga adalah bukti kehidupan,dan alam di bumi juga eksistensi manusia berjalan dengan cara yang benar.
Agama adalah sebuah sistem kepercayaan yang mengatur tata keimanan manusia dan juga kepercayaan terhadap yang maha kuasa, serta tata kaidah yang mengatur berhubungan dengan pergaulan manusia dengan lingkungannya. Dari dasar keyakinan tersebut, menjadikan manusia dapat memperoleh moralitas, etika, dan hukum agama, atau gaya hidup. Secara universal ada ratusan agama di dunia ini namun beberapa di antaranya menjadi agama yang mayoritas dianut oleh manusia Berikut Agama terbesar dengan populasi penganut terbanyak:

Christianity

 

Pengikut agama tersebut jumlahnya sekitar 2,3 Miliar pengikut dari jumlah pengikut yaitu 32%. Agama Kristen juga menjadi salah satu agama tertua dan juga populer di planet ini. Agama ini awalnya didirikan oleh Yesus Kristus di Yerusalem sekitar tahun 27 M. Agama Kristen merupakan salah satu agama Abrahamik tertua di dunia. Orang yang menaati agama ini disebut orang Kristen dan mereka percaya bahwa pada ketetapan yaitu Yesus adalah anak Allah. Mereka yang menganut kristen mempunyai keimanan yang tinggi dalam kematian dan kebangkitan kembali desus. Dalam kitab suci mereka disebutkan bahwa Alkitab dibaca oleh sebagian besar orang Kristen.
Agama ini juga terdiri dua bagian yaitu perjanjian lama & perjanjian baru . Ada komunitas Kristen di bagi menjadi tiga yaitu Ortodoksi, Katolik Roma dan juga Protestan. Masing masing diantaranya dilengkapi dengan keyakinan, tradisi khotbah. Beberapa pemimpin spiritual atau juga guru berasal dari agama ini. Agama juga dapat dijelaskan dan di ajarkan dengan berbagai cara, faktor utama yang merupakan penyebab pertumbuhan juga keberlanjutan semua agama di dunia.

Islam

Pengikut agama tersebut jumlahnya sekitar 1,6 Miliar pengikut dari jumlah pengikut yaitu 23% didirikan pada tahun 610 M oleh Nabi Muhammad. Pengikut agama Islam dikenal dengan sebutan sebagai Muslim, mereka yang menganut agama ini mereka benar-benar mempercayai Muhammad, Allah, Sunnah,dan Al-Quran. Islam adalah terbesar dan tertua kedua di dunia.
Kitab sucinya yaitu Al Quran dibaca oleh semua umat Islam. Mayoritas Muslim terdiri dari dua kelompok yaitu Syiah dan Sunni dan hampir 90% pengikut Islam adalah orang-orang Sunni dan sisanya hanyalah 10% adalah orang Syiah. Sama hal nya dengan Yudaisme dan Bahaisme Islam sendri juga merupakan agama Ibrahim. Didirikan oleh

Hinduism

Pengikut agama tersebut jumlahnya sekitar 1 Miliar pengikut dari jumlah pengikut yaitu 15%. Hinduisme saat ini menjadi agama terbesar ketiga di dunia setelah kristen dan islam dan juga salah satu agama tertua di bumi ini. Hampir 99,99% manusia total populasi Hindu yang tinggal di Asia Selatan juga India yaitu terdiri dari 90% penganut Hindu. Salah satu fakta menarik tentang Hinduisme yaitu bahwa tidaknya pendiri agama ini, keberadaan agama ini juga hanya dapat dilacak sampai 1500 SM. Hindu juga memiliki kitab suci yaitu Upanisad dan Veda adalah kitab suci mereka.

Buddha

Pengikut agama tersebut jumlahnya sekitar 400 juta pengikut dari jumlah pengikut yaitu 7%. Buddhisme awalnya didirikan tahun 600 SM pendiriannya adalah Siddhartha Gautama yang dikenal dengan sebutan “Sang Buddha”. Buddha adalah agama Dharma sama halnya seperti Hinduisme, ajarannya juga didasarkan pada penerapannya didalam kehidupan, setelah kematian, reinkarnasi dan juga karma. Orang-orang yang menganut ajaran Buddha disebut dengan sebutan Buddhis. Kitab suci yang mereka yakini yaitu disebut “The Tripitaka yang artinya berarti Tiga Keranjang. Versi sebenarnya yaitu buku ini ditulis menggunakan bahasa Pali. Agama ini juga memiliki sebuah yang berbeda seperti Hinayana, Vajrayana dan Mahayana. Banyak dari daerah tersebut di Asia juga mengikuti Buddhisme di daerah Tibet yang merupakan bagian dari Vajrayana.

Indigenous/Agama Adat

Indigenous adalah orang-orang atau komunitas, atau juga bangsa yang tinggal di beberapa daerah tertentu agama ini dianut 450 juta pengikut. Banyaknya adat dan budaya menjadi minoritas yang menonjol di masyarakat. Mayoritas budaya kebarat baratan ini bertujuan untuk melestarikan, dan mereka biasanya memiliki tujuan untuk melestarikan, menghidupkan, juga meningkatkan keunikan nilai-nilai tradisional mereka. Sosial dan juga adat istiadat merupakan salah satu usaha untuk mengirimkan sebagian untuk generasi mendatang. Agama Indigenous ini juga masih banyak ditemui kawasan benua Amerika, Afrika dan Asia.

Chinese traditional 

Pada kepercayaan tradisional tionghoa kepercayaan yang dipercayai oleh mayoritas bangsa Tionghoa dari sebuah suku yaitu suku Han agama ini dianut 400 juta pengikut. Kepercayaan ini mempunyai kitab suci secara resmi yang sering mereka gunakan sinkretisme dari beberapa kepercayaan atau filsafat diantaranya ada Konfusianisme, Buddhisme, dan Taoisme. Kepercayaan tradisional ini juga mengutamakan rasa lokalisme seperti halnya yang dapat dilihat pada saat penghormatan datuk di kalangan Tionghoa daerah Sumatera sebagai pengaruh atas kebudayaan Melayu.

Shinto 

Shinto Secara harfiah artinya jalan/jalur dewa . Shinto sendiri adalah sebuah agama yang asalnya dari Jepang diketahui agama ini dianut 27-65 juta pengikut. Pada saat masa Restorasi Meiji hingga saat berakhirnya Perang Dunia II, Shinto sendiri adalah agama resmi di negara Jepang. Agama Shinto Sendiri melibatkan penyembahan kami yang juga diartikan sebagai dewa, roh alam, atau sekedar kehadiran spiritual. Sebagian kebudayaan yang berasal dari daerah setempat ini bisa dianggap sebagai perwakilan roh yang mewakili daerah tersebut, namun kami juga bisa diartikan sebagai kami benda-benda atau proses alami utama, misalnya sang dewi matahari.

Sikh

Sikhisme adalah salah satu agama terbesar di dunia dengan jumlah pengikut kurang lebih 25 juta. Agama ini berkembang pada saat abad ke-16 sampai 17 di negara India. Kata Sikhisme sendiri berasal dari kata Sikh, yang artinya “murid” atau “pelajar”. Sesuai dengan kepercayaan-kepercayaan utama yang dianut dalam Sikhisme yaitu Percaya dalam satu Tuhan yaitu pantheistik. Kalimat pembuka naskah-naskah Sikh terdiri dari sepanjang dua kata yang mencerminkan kepercayaan seorang umat yang taat pada ajaran Sikhisme seperti Onkar artinya Satu Tuhan. Ajaran Sepuluh Guru Sikh yang merupakan cendekiawan Muslim dan juga Hindu diterima dan dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

Yahudi

 

Yahudi adalah salah satu kepercayaan yang unik, orang Yahudi atau penduduk negara Israel ataupun orang Israel yang tinggal di luar negeri diketahui jumlah pengikutnya sekitar 18 juta pengikut. Inti dari kepercayaan penganut agama ini adalah wujudnya seperti Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang telah menyelamat kan bangsa Israel dari penindasan Mesir, menurunkan sebagai undang-undang Tuhan kepada mereka yang memilih sebagai cahaya kepada manusia di dunia . Pada kitab Suci agama Yahudi ditulis kan, bahawa Tuhan telah membuat perjanjian dengan bersama Abraham bahawa nanti beliau dan cucu-cicitnya akan diberikan rahmat apabila selalu ketika beriman kepada Tuhan.Perjanjian ini kemudian di ulang kembali oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak dan Yakub pula diturunkannya juga bangsa Yahudi. Maka mereka meyakini bahwasannya merekalah bangsa yang terpilih. Penganut Yahudi yang sudah dipilih untuk melaksana kan tugas serta tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat adil dan makmur juga beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya nanti mereka akan menerima cinta serta perlindungan dari tuhan. Dan juga nantinya mereka akan akan dianugerahi Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.

Sejarah Perkembangan Agama Kristen Di Dunia

Membicarakan tentang terbentuk nya agama kristen tidak bisa dipisahkan dari berdirinya gereja Kristen yang telah membawa ajaran agama ini. Oleh sebab itu gereja telah membawa ajaran agamanya baru, yang membimbing penganutnya yang menyaksikan perjalanan perkembangan agama ini selama dua ribu tahun sejak abad Masehi, bermula dari tanah Israel hingga sampai Amerika, Eropa,Asia dan seluruh dunia. Banyak juga Tokoh yang tidak terhitung jumlah nya saling berganti menimbulkan sejarah yang mengubah alur sejarah dunia. Seperti yang terjadi pada abad pertengahan saat konsep agama kekristenan menjadi sebuah hal yang umum apabila dilihat dari sejarah agama Kristen itu sendiri. Perkembangan ajaran ini mencakup ke seluruh dunia dan negara negara di Eropa saat zaman Renaissance hingga menjadi sebuah agama yang besar hingga saat ini. Sekaran bahkan ada lebih dari dua miliar orang beragama Kristen yaitu sepertiga jumlah manusia yang ada di dunia.

 

Cikal Bakal Kekristenan

Agama ini muncul muncul di daerah yang disebut Levant atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Israel dan Palestina.Sejak awal pertengahan pada abad masehi pertama sejarah awal mula terbentuk nya agama Kristen dimulai dari kota Yerusalem hingga menyebar ke bagian wilayah Timur seperti Asyur,Syiria, Mesopotamia, Asia Mino, Yordania dan juga Mesir. Saat 15 tahun kemudian agama ini mulai masuk dan juga berkembang pesat di wilayah Eropa. Penyebarannya agama ini juga sampai ke negara-negara di Afrika Utara, Eropa Timur hingga Asia Timur.Hingga pada akhirnya abad ke 4 kristen menjadi agama negara oleh Kekaisaran Aksum di Ethiopia pada 325 M dan juga ikut nya kekaisaran Romawi pada 380 M. Peristiwa bersejarah yaitu saat kemunculan Yesus menandai sebagai hal pertama dalam terbentuk nya sejarah agama Kristen,dimulai saat kelahiran Yesus hingga saat kematian dan juga kebangkitannya pada 4 SM – 33 M.
Yesus Kristus dilahirkan sekitar 4 SM di Betlehem Yudea lalu tumbuh dewasa di daerah Nazaret, Galilea. Pada saat itu Yesus berusia 30 tahun ia memulai perjalanannya selama kurang lebih 3 tahun. Pelayanan ia berhasil merekrut kedua belas rasul, melakukan berbagai mukjizat di dunia,hingga mengusir setan, menyembuhkan beberapa orang sakit, dan yang paling terkenal adalah membangkitkan orang dari kematian. Kematian Yesus sendiri terjadi terjadi dengan cara ia disalib dikarenakan hasutan para pemimpin agama Yahudi kala itu. Mereka yang tidak menyukai hal-hal yang diajarkan Yesus dan dianggap bertentangan dengan ajaran yang mereka sudah lakukan. Yesus sendiri di salib di daerah Bukit Golgota, Yerusalem pada kisaran tahun 29 – 33 M saat pemerintahan Gubernur Provins Yudea Romawi pada masa itu. Saat itu di akhirnya Yesus disiksa dikubur dalam gua batu setelah ia mati disalib. Umat kristen sampai sekarang masih mempercayai bahwa Yesus akan bangkit kembali pada hari ketiga setelah kematian, dan akan oleh lebih dari lima ratus orang pada saat itu. Dan nantinya Ia akan naik ke surga saat empat puluh hari setelah hari kebangkitannya,juga disebutkan akan disaksikan oleh banyak orang. Konon saat itu para imam Yahudi ketakutan lalu menyuap penjaga kubur agar bilang bahwa mayat Yesus dicuri oleh muridnya dan membawa mayat Yesus dan sebenarnya tidak bangkit. Itu semua adalah peristiwa kehidupan yang dialami Yesus dan kemudian menjadi intisari dalam agama kristen. Informasi saat Yesus hidup di dapatkan dari keempat injil dan tulisan-tulisan paulus jaman itu serta murid yesus lainnya. yang dikumpulkan menjadi utusan sejarah.

Awal Mula Gereja Kristen

Disebutkan bahwa nanti pada saat 50 hari kebangkitan Yesus yaitu sekitar 30-34 M gereja akan didirikan berdasarkan pada janji Yesus, bahwa ia nantinya akan mendirikan gerejaNya. Dengan datangnya roh kudus pada hari Pentakosta.
Pada hari itu nantinya sebanyak tiga ribu manusia akan mengikuti kothbah Simon Petrus yang nantinya akan mengikuti Kristus dan dibaptis. Nantinya akan ada orang-orang yang tobat dan mengikuti ajaran kristus yaitu mereka orang yahudi penganut Yudaisme. Akan didirikan juga gereja-gereja yang berpusat di Yerusalem.Sebabnya pada awal mula terbentuknya agama kristen, dan agama kristen dianggap sebagai sekte Yahudi akan tetapi isi khotbah rasul berbeda dengan apa yang diajarkan kelompok yahudi lainnya. Periode terbentuknya gereja dalam sejarah kristen di mulai sejak saat Kaisar Konstantinus , pada saat itu Kristen dijadikan sebagai salah satu agama resmi Romawi Hingga pada mulanya pada Abad Pertengahan saat Kaisar Romawi terakhir yaitu Romulus Agustus dijatuhkan.Masa itu berlangsung hingga sekitar tahun 313-476 M dimana pada saat itu Kepausan juga mulai berkembang. Pada saat itu tak ada penganiayaan sekejam masa lalu kepada orang Kristen. Pada saat itu percampuran politik dan agama menjadi salah satu, hal dalam proses kanonisasi, dijelaskan di alkitab Bahasa Latin yang berisi sejarah Perjanjian Lama dan baru.

Gereja Pada Abad Pertengahan

Kemudian Juga saat memasuki abad pertengahan dimulai sejak akhir kekuasaan Kaisar Romawi sampai pada saat ketika Charlemagne dimahkotai menjadi seorang Kaisar Eropa Barat, pada tahun 476 natal tahun 800 M.
Gereja terutama kepausan periode ini mengalami kemunduran moral karena pada masa itu paus di paksa terlibat pada politik hingga dalam, dan sering kali politik kotor dan juga pada masa itu harus mengikuti Kekaisaran Romawi Timur serta pemerintahannya bangsa barbar di Barat. Walaupun pada masa itu beberapa orang kristen yang bermukim di asia minor tapi penyebaran injil terus dilakukan hingga berbagai pelosok eropa dan mempengaruhi sejarah abad pertengahan. Gereja Katolik Roma yang terus memegang kekuasaannya, Paus yang berkuasa dan jua hidupnya seperti raja. Korupsi di dalam gereja menjadi hal yang umum pada masa itu, sejak tahun 1095 hingga 1204 paus juga mendukung serangkaian peristiwa perang salib yang mahal dan berdarah untuk mengusir kaum muslim dan juga Yerusalem.
Pada periode berikutnya terjadi sejak peristiwa pentahbisan Karel Agung menjadi seorang Kaisar Eropa Barat sampai pada masa kejatuhan Romawi Timur, ketika saat Konstantinopel berhasil direbut oleh Turki yaitu tahun 1453 terjadinya juga Reformasi Protestan sekitar tahun 800 sampai 1500. Awalnya Hampir sebagian wilayah Eropa Barat sudah berada dalam kekuasaan Kaisar Kristen. Pada saat itu karel Agung dan juga para misionaris sudah mulai dikirim ke Rusia dan Eropa Timur. Para biarawan itu mulai mengubah dasar agama setelah mereka menyadari kondisi agama yang menurun dan dimulainya Perang Salib dengan Asia. Beberapa universitas juga sudah mulai dibuka sehingga rakyat bisa membaca dan menulis setelah itu gereja Katolik Barat, gereja Ortodoks Timur di Asia Kecil berpisah.

Reformasi Protestan

Periode dimana dalam terbentuknya sejarah agama kristen ini juga ditandai dengan banyaknya tokoh yang membawa pembaruan pada agama kristen. Gereja Katolik di Roma pada tahun 1517 – 1600 tokohnya yaitu Yohanes, Martin Luther,dan John Knox pada masa itu mengakhiri dominasi para uskup dan juga biarawan dalam masa mempelajari alkitab.Reformasi ini yang menyebabkan Reformasi dan juga sebagai cikal terjadinya reformasi lainnya di wilayah Eropa Barat sementara itu di benua Amerika membuat kaum Protestan sempat dianiaya Lalu mereka memiliki kesempatan melarikan diri ke Eropa dan mendirikan negara baru berdasarkan kekristenan yang mereka anut. Selama beratus ratus tahun banyak peristiwa penting terjadi dan seluruh wilayah Eropa Barat sempat terancam Perang Saudara antara penguasaan Kristen dan Katolik.
Hingga saat ini agama kristen menjadi agama yang terus berkembang. Kristenisasi juga hingga kini masih terus berjalan sehingga tak heran agama ini menjadi agama terbesar di dunia.